Akses ke Bandara Soekarno-Hatta Sempat Macet, Ini Dampak ke Penerbangan Lion Air Group

Kompas.com - 10/11/2020, 17:14 WIB
Lion Air tipe pesawat Boeing 737-800NG melayani kota tujuan Banjarmasin melalui  Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ), foto oleh Ersa Danu. Ersa Danu.Lion Air tipe pesawat Boeing 737-800NG melayani kota tujuan Banjarmasin melalui Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ), foto oleh Ersa Danu.


KOMPAS.com – Lion Air Group memastikan operasional penerbangan berjadwal domestik dan pelayanan kepada penumpang untuk keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta telah berjalan dengan tertib.

Sebelumnya, kepadatan lalu lintas terjadi di sekitar kawasan Bandara Soekarno-Hatta sejak Selasa (10/11/2020) dini hari. Kepadatan tersebut berdampak pada banyaknya penumpang yang terlambat datang ke bandara untuk keberangkatan pesawat.

Dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Corporate Communication Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menegaskan bahwa Lion Air telah melakukan optimalisasi pergerakan pesawat udara dan kru serta penanganan domestik sesuai standar operasional prosedur (SOP) sehingga berjalan dengan tertib.

Baca juga: AP II Rekayasa Lalu Lintas untuk Alternatif ke Bandara Soekarno-Hatta

Sumber daya manusia yang mencakup awak kokpit dan awak kabin (air crew), teknisi, serta petugas layanan darat (ground handling) telah dipersiapkan dan diperhitungkan sesuai jumlah operasional dalam posisi di bandara.

Mereka dipersiapkan untuk menggantikan (stand by) kru dan staf yang bertugas menurut jam kerja tapi terkendala hadir. Dengan begitu, Lion Air Group memastikan rencana pergerakan pesawat udara dan kru berjalan lancar sesuai jadwal.

“Lion Air Group telah menginformasikan kepada kru dan staf agar menggunakan akses yang mudah dan tepat sebagai pilihan atau alternatif terbaik menuju Bandara Soekarno-Hatta,” kata Danang dalam rilis resmi tersebut.

Ilustrasi pesawat dari maskapai penerbangan Batik Air landing di Bandara Soekarno-Hatta, (1/3/2020).SHUTTERSTOCK/LEONY EKA PRAKASA Ilustrasi pesawat dari maskapai penerbangan Batik Air landing di Bandara Soekarno-Hatta, (1/3/2020).

Dampak pada jadwal penerbangan

Dampak dari kemacetan yang terjadi di sekitar kawasan Bandara Soekarno-Hatta menyebabkan keterlambatan keberangkatan untuk periode pukul 04.00-12.00 WIB.

Keterlambatan keberangkatan Lion Air rata-rata 72 menit dan Batik Air 62 menit dikarenakan menunggu sejumlah penumpang.

Baca juga: Lion Air Group Bebaskan Biaya Reschedule Penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta

Jumlah keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (10/11/2020) pada jam operasional tersebut adalah sebagai berikut:

Lion Air 17 penerbangan, terdiri dari dau kali tujuan Makassar (UPG), satu kali tujuan Kualanamu (KNO), dua kali tujuan Lombok (LOP), dua kali Balikpapan (BPN), dua kali Surabaya (SUB), tiga kali tujuan Pontianak, satu kali tujuan Tanjung Pinang (TNJ), satu kali tujuan Tanjung Pandan (TJQ), satu kali tujuan Pekanbaru (PKU), satu kali tujuan Padang (PDG), satu kali tujuan Pangkalpinang (PGK).

Batik Air 26 penerbangan, terdiri dari dua kali tujuan Manado (MDC), dua kali tujuan Denpasar (DPS), tiga kali tujuan Makassar (UPG), dua kali tujuan Palembang (PLM), dua kali tujuan Surabaya (SUB), tiga kali tujuan Kualanamu (KNO), satu kali tujuan Palangkaraya (PKY).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X