Kompas.com - 18/12/2020, 15:03 WIB

KOMPAS.com – Masyarakat daerah lain yang ingin masuk ke Bali pada periode 19 Desember 2020–4 Januari 2021 harus memenuhi beberapa syarat tertentu yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali.

Syarat itu tercantum dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 2021 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali.

Baca juga: Aturan Terbaru ke Bali, Tes Swab PCR Maksimal H-7 Keberangkatan

Berikut ini panduan lengkap syarat masuk Bali seperti yang sudah dirangkum Kompas.com, Jumat (18/12/2020):

1. Swab test untuk perjalanan udara

Wisatawan yang datang ke Bali melalui jalur transportasi udara, yakni pesawat, wajib menunjukkan surat keterangan hasil uji swab berbasis PCR yang diambil maksimal H-7 sebelum keberangkatan.

2. Rapid test antigen untuk perjalanan darat dan laut

Bagi wisatawan yang masuk ke Bali lewat jalur darat dan laut menggunakan kendaraan pribadi, di pintu masuk pelabuhan wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif uji rapid tes antigen yang diambil maksimal H-7 sebelum keberangkatan.

3. Mengisi e-HAC

Semua wisatawan yang masuk ke Bali wajib mengisi electronic-Health Alert Card (e-HAC). Ini merupakan Kartu Kewaspadaan Kesehatan yang sebelumnya masih berbentuk manual.

Devils Tear di Nusa lembongan, Klungkung, BaliShutterstock Devils Tear di Nusa lembongan, Klungkung, Bali

Cara mengisi e-HAC bisa dilakukan secara elektronik dengan mengunduh aplikasi mobile atau lewat situs resmi e-HAC. Untuk panduan lengkapnya, bisa dilihat di sini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.