Kompas.com - 18/01/2021, 20:02 WIB
Tangkapan layar dari video profil Desa Wisata Bongkasa Pertiwi di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali, Senin (18/1/2021). dok. Youtube Desa Bongkasa PertiwiTangkapan layar dari video profil Desa Wisata Bongkasa Pertiwi di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali, Senin (18/1/2021).

KOMPAS.com – Ketua Umum Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Panca R Sarungu mengatakan bahwa sejumlah desa wisata di Indonesia berpotensi untuk dikembangkan wisata petualangannya.

“Kebetulan desa wisata itu ternyata banyak yang punya potensi petualangan, baik itu alami maupun buatan,” kata dia.

Panca menyampaikan pernyataan itu dalam webinar Indonesia Adventure Travel Trade Association (IATTA) bertajuk “Membangkitkan Kembali Pariwisata Indonesia Melalui Wisata Petualangan” pada Kamis (14/1/2021).

Baca juga: Homestay Desa Wisata Gerupuk, Penginapan Terjangkau Saat MotoGP Mandalika

Sebagai contoh, Panca mengatakan bahwa Pekalongan memiliki satu desa yang berpotensi untuk dikembangkan kegiatan wisata arung jeram.

Ada juga Desa Bongkasa Pertiwi di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali yang mengubah saluran air menjadi area kegiatan wisata ATVuntuk pengunjung.

Mengutip Antara, Jumat (19/10/2018), desa yang dilewati Sungai Ayung menawarkan kegiatan wisata yang tidak terlalu memacu adrenalin, seperti ATV, obyek wisata ayunan, arung jeram, dan paint ball.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 6 Resor Mewah di Tepi Sungai Ayung, Bali yang Mendamaikan

Beberapa di antaranya adalah kegiatan wisata kebudayaan yang mencakup kegiatan ritual keagamaan di areal sawah dan Pura Kahyangan Tiga. Ada juga pusat kerajinan perak yang dapat dikunjungi.

Sementara itu, berdasarkan informasi dalam video yang diunggahakun Youtube atas nama Desa Bongkasa Pertiwi pada Kamis (22/2/2018), ada juga kerajinan pengukiran kayu dan lukisan.

Desa wisata yang perlu dijaga

Kendati banyak desa wisata yang berpotensi untuk semakin dikembangkan wisata petualangannya, Panca menegaskan agar usai pengembangan, desa wisata tidak dibiarkan begitu saja dan harus dijaga.

Tangkapan layar dari video profil Desa Wisata Bongkasa Pertiwi di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali, Senin (18/1/2021).dok. YouTube Desa Bongkasa Pertiwi Tangkapan layar dari video profil Desa Wisata Bongkasa Pertiwi di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali, Senin (18/1/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.