Kompas.com - 06/02/2021, 07:31 WIB

KOMPAS.comCandi Prambanan tetap buka meski gerakan Jateng di Rumah Saja berlangsung pada 6-7 Februari 2021. Sebab, tempat wisata tersebut mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah Instimewa Yogyakarta (DIY).

Meski buka, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Edy Setijono mengimbau agar masyarakat tetap berada di rumah.

“Imbauan tetap di rumah saja dulu, enggak pergi. Kalau pergi, betul-betul harus jaga protokol kesehatan. Tidak cuma di tempat wisata, juga saat ke pasar, pertokoan, kita juga imbau mereka tetap jaga kesehatan,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (5/2/2021).

Edy melanjutkan bahwa meski pihaknya mengelola tempat wisata, saat ini ada baiknya imbauan yang diberikan adalah tetap di rumah saja agar masyarakat dapat menjaga kesehatan.

Baca juga: Suwatu by Mil&Bay, Nuansa Bali dengan Pemandangan Candi Prambanan

Jika kesehatan masyarakat terjaga, pandemi Covid-19 akan cepat usai. Menurutnya, pandemi yang berlangsung lama akan memberi efek berantai yang tidak akan selesai.

“Kalau ingin berkunjung, harus disiplin protokol kesehatan. Itu sudah pasti. Semoga ini cepat selesai agar semua bisa bangkit kembali, berjalan kembali, ekonomi di kawasan (Candi Prambanan) bisa hidup lagi,” ujar dia.

Kunjungan wisatawan yang sedikit

Saat ini, kuota wisatawan per hari di Candi Prambanan masih berada pada angka 3.000-3.5000 orang dan belum mengalami perubahan.

Meski angka tersebut terbilang cukup besar, Edy mengatakan bahwa hingga sejauh ini kunjungan wisatawan belum pernah mencapai angka tersebut.

“Kita terakhir kemarin hanya seribu. Sebelum PPKM tidak pernah sampai 3.000. Sejak Januari-Februari 2021 angkanya tidak pernah tinggi,” imbuh dia.

Baca juga: Rekomendasi 7 Coffee Shop di Yogyakarta, Bisa Lihat Candi Prambanan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.