Kompas.com - 26/03/2021, 21:01 WIB
Ilustrasi Thailand - Wat Rong Khun (SHUTTERSTOCK/David Ionut). Ilustrasi Thailand - Wat Rong Khun (SHUTTERSTOCK/David Ionut).Ilustrasi Thailand - Wat Rong Khun (SHUTTERSTOCK/David Ionut).

KOMPAS.com – Pemerintah Thailand memangkas periode karantina bagi kedatangan warga Thailand dan warga negara asing mulai 1 April 2021.

Melansir Bangkok Post, Sabtu (20/3/2021), periode karantina yang dipotong menjadi 10 hari dari 14 hari merupakan bagian dari rencana ambisius pemerintah untuk membuka kembali Thailand mulai 1 Oktober.

Adapun, rencana tersebut merupakan rencana yang tersusun dalam tiga tahapan untuk melonggarkan langkah-langkah Covid-19.

Baca juga: Rencana Thailand Terima Turis yang Sudah Divaksin Covid-19

Juru bicara Centre for Covid-19 Situation Administration (CCSA) Taweesilp Visanuyothin mengatakan, mulai 1 April-30 September, kedatangan tanpa sertifikat vaksin (VC) dan sertifikat bebas Covid-19 (CFC) akan dikarantina selama sepuluh hari.

Selanjutnya, mereka akan dites Covid-19 sebanyak dua kali. Sementara bagi yang memiliki CFC dan sepenuhnya telah divaksin lebih dari 14 hari hanya perlu dikarantina selama tujuh hari dan dites sekali.

Kemudian, bagi pelancong yang memiliki VC namun tidak memiliki CFC mereka akan dites dua kali.

Karantina 14 hari tetap ada

Visanuyothin mengatakan, periode karantina 14 hari tetap diterapkan bagi kedatangan dari negara-negara dengan Covid-19 yang telah bermutasi. Menurutnya, kebijakan tersebut sejalan dengan kekhawatiran global akan Covid-19 yang telah bermutasi.

Mulai 1 Oktober, karantina tidak diwajibkan bagi beberapa area di Thailand di bawah kondisi bahwa lebih dari 70 persen petugas kesehatan di sana telah divaksin.

Baca juga: Koh Samui di Thailand Akan Buka untuk Turis Asing yang Sudah Divaksin

Pertimbangan lain adalah orang-orang yang kemungkinan akan melakukan kontak dengan mereka yang berisiko Covid-9 telah menerima vaksin. Artinya, wisatawan yang tiba di area-area tersebut harus datang dari negara-negara berisiko rendah Covid-19.

Thailand buka untuk turis yang telah divaksin

Melansir The Independent, Jumat (5/3/2021), Thailand berencana untuk menerima wisatawan yang telah divaksin pada musim panas ini.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.