Kompas.com - 12/04/2021, 18:30 WIB
Tempat wisata bernama Desa Wisata Sasak Ende di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (SHUTTERSTOCK/Julius Bramanto). SHUTTERSTOCK/Julius BramantoTempat wisata bernama Desa Wisata Sasak Ende di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (SHUTTERSTOCK/Julius Bramanto).

KOMPAS.com – Pelaku pariwisata di desa wisata diberi kesempatan untuk mendapatkan hadiah Rp 150 juta melalui program Desa Wisata Award 2021 yang diselenggarakan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Desa Wisata Award 2021 memiliki empat kategori yang dapat diikuti yakni Desa Wisata Berbasis Alam, Desa Wisata Berbasis Budaya, Desa Wisata Berbasis Kreatif, dan Desa Wisata Berbasis Digital.

Adapun, total hadiah senilai Rp 600 juta dibagi menjadi total Rp 150 juta untuk setiap kategori dari empat kategori lomba yang ada.

Acara tersebut juga bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca juga: Desa Wisata Bilebante Lombok, Pemuda Sempat Pesimis Daerahnya Sulit Jadi Desa Wisata

“Kita sudah sediakan hadiah langsung berupa uang tunai dan juga berupa pendampingan karena kita sudah pengalaman,” kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam konferensi pers virtual Desa Wisata Award 2021, Senin (12/4/2021).

Adapun, pendaftaran lomba akan dimulai 13 April 2021 hingga 7 Mei 2021. Seluruh desa wisata dari setiap provinsi di Indonesia dapat mengikutinya, tanpa dibatasi jumlah per provinsi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Infrastruktur dan Ekosistem Pariwisata Kemenparekraf Indra Ni Tua mengatakan, pembatasan peserta tidak diterapkan karena berkaitan dengan potensi desa.

Baca juga: Sejauh Mana Pengembangan Desa Wisata di Indonesia?

“Kalau punya potensi dan performance, tidak apa-apa ikut saja,” ucap dia dalam kesempatan yang sama.

Menurut Indra, jika dibatasi jumlah desa wisata yang ikut kompetisi—misalnya hanya empat per provinsi—hal tersebut dapat membatasi potensi yang dimiliki setiap desa pada masing-masing provinsi di Indonesia.

Tempat wisata bernama Desa Wisata Sasak Ende di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (SHUTTERSTOCK/Julius Bramanto).SHUTTERSTOCK/Julius Bramanto Tempat wisata bernama Desa Wisata Sasak Ende di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (SHUTTERSTOCK/Julius Bramanto).

Jahja menuturkan, kegiatan ini merupakan bentuk dorongan dari pihaknya untuk membangkitkan motivasi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.