Kompas.com - 22/04/2021, 06:06 WIB
Taman Rekreasi Anjuk Ladang, salah satu destinasi wisata unggulan di Nganjuk yang belum dibuka gegara pandemi Covid-19. KOMPAS.com/USMAN HADITaman Rekreasi Anjuk Ladang, salah satu destinasi wisata unggulan di Nganjuk yang belum dibuka gegara pandemi Covid-19.

NGANJUK, KOMPAS.com – Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, memastikan destinasi wisata unggulan di Kabupaten Nganjuk tetap buka selama libur lebaran 2021.

Namun, hal itu bukan berarti tempat wisata bisa buka dengan leluasa seperti sebelum pandemi Covid-19.

Tempat wisata yang buka tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ini menjadi salah satu syarat yang mesti dipenuhi tempat wisata.

Baca juga: 4 Wisata Unggulan di Nganjuk Masih Tutup Sementara

Adapun, beberapa tempat wisata unggulan di Kabupaten Nganjuk, antara lain Air Terjun Sedudo, Air Merambat Roro Kuning, Goa Margo Tresno, dan Taman Rekreasi Anjuk Ladang. Marhaen memastikan keempat destinasi wisata itu akan dibuka selama labaran 2021.

“Tetap kita buka nanti, wisata kita buka. Karena apa? Karena (warga) tidak boleh kemana-mana kan, harus (stay) di Nganjuk,” kata Marhaen kepada Kompas.com, Rabu (21/4/2021).

Larangan mudik 2021

Seperti diketahui, pemerintah resmi melarang mudik dari 6 hingga 17 Mei 2021. Dalam kurun waktu itu, segala moda transportasi baik darat, laut, dan udara dilarang beroperasi.

Marhaen memaparkan beberapa pertimbangan pemerintah melarang mudik, tetapi di satu sisi membuka tempat wisata, salah satunya untuk menjaga keseimbangan ekonomi.

Ilustrasi MudikKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Ilustrasi Mudik

“Pemerintah daerah itu harus menyeimbangkan bahwa satu kesehatan bisa terkendali, ekonomi juga jangan terganggu, termasuk ya sosial-budaya. Ini yang juga harus jalan,” ujar dia.

“Kembali lagi kan Covid-19 itu ya terpenting jaga jarak, hindari kerumunan, jangan sampai jadi klaster baru,” sambung Marhaen.

3 Titik Penyekatan di Nganjuk

Sementara itu, lanjut Marhaen, Pemkab Ngajuk juga telah menyiapkan tiga titik penyekatan saat larangan mudik efektif diberlakukan pada 6 hingga 17 Mei 2021. Tiga lokasi itu bertempat di Exit Tol Begadung Nganjuk, di Kertosono, dan di Wilangan.

“Kita lakukan kerja sama Dishub, TNI, dan Polri,” sebut Marhaen.

Baca juga: Mudik Dilarang, Masyarakat Diminta Patuhi Aturan

Marhaen menyarankan warga Nganjuk yang merantau di luar daerah mengurungkan niatnya untuk mudik pada momen lebaran idul fitri tahun ini. Menurutnya, itu adalah pilihan terbaik.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X