Kompas.com - 25/04/2021, 15:03 WIB
Tempat wisata di Bogor - Curug Ngumpet. dok. Facebook Curug NgumpetTempat wisata di Bogor - Curug Ngumpet.

 

KOMPAS.com – Selama periode mudik lebaran pada 6-17 Mei 2021, masyarakat Indonesia dilarang melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah untuk mudik.

Kendati demikian, melansir Kompas.com, Selasa (20/4/2021), terdapat pengecualian di beberapa wilayah kabupaten atau kota. Adapun, hal tersebut disebut dengan istilah “mudik lokal”.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan, mudik lokal adalah mudik yang diizinkan selama berada di wilayah aglomerasi.

Baca juga: 6 Wisata di Bogor Tengah, Pas Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Dalam wilayah tersebut, warga diizinkan untuk mudik lokal atau perjalanan antarkota/kabupaten yang saling terhubung.

Saat ini, Indonesia telah menetapkan delapan wilayah aglomerasi yakni sebagai berikut:

  1. Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo (Mebidangro)
  2. Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek)
  3. Bandung Raya
  4. Semarang, Kendal, Demak, Ungaran, dan Purwodadi
  5. Jogja Raya
  6. Solo Raya
  7. Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbangkertosusila)
  8. Makassar, Sungguminasa, Takalar, dan Maros

Artinya, jika kamu berdomisili di Kota Bekasi dan sekitarnya, kamu hanya diizinkan untuk mengunjungi kawasan Jabodetabek. Misalnya adalah berkunjung ke Bogor dengan mengendarai mobil, motor, bus, atau kereta api.

“Untuk kawasan perkotaan, ada beberapa daerah yang boleh melanjutkan atau melakukan kegiatan pergerakan transportasi,” ujar Budi dalam keterangannya, Senin (19/4/2021).

Baca juga: Asyik, Kecamatan Bogor Selatan Akan Kembangkan Desa Wisata

Senada dengan Budi, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan bahwa meski pergerakan dibolehkan, akan ada beberapa pembatasan.

“Di dalam wilayah aglomerasi, pergerakan masyarakat dan transportasi masih dibolehkan dengan pembatasan kapasitas, frekuensi, dan jam operasional,” kata dia, mengutip Kompas.com, Sabtu (17/4/2021).

Lantas, bagaimana dengan mudik lokal atau perjalanan yang dilakukan pada 22 April-5 Mei dan 18-24 Mei? Apakah hanya warga Jabodetabek saja yang boleh berkunjung ke Bogor?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X