Kompas.com - 27/04/2021, 12:31 WIB
Wisatawan berfoto saat sunrise di spot foto Puncak Bukit Kasap, Pacitan, Jawa Timur, Rabu (29/1/2020) pagi. Nicholas Ryan AdityaWisatawan berfoto saat sunrise di spot foto Puncak Bukit Kasap, Pacitan, Jawa Timur, Rabu (29/1/2020) pagi.

KOMPAS.com - Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Pacitan Andi Faliandra mengatakan, saat ini seluruh tempat wisata di sana masih menerapkan sistem pembelian tiket secara langsung.

Kendati demikian, pihaknya berencana untuk mengubah sistem pembelian tiket menjadi lewat aplikasi.

“Memang mimpi bikin aplikasi online. Tadi pagi baru direncanakan, persiapan dengan beberapa bank untuk online,” ujar Andi, Senin (26/4/2021).

Baca juga: 6 Pantai Indah di Pacitan, Cocok untuk Wisata Touring Saat Libur

Akan tetapi, rencana tersebut memiliki halangan terkait perangkat lunak yang akan digunakan. Menurut Andi, rencana aplikasi online untuk pembelian tiket wisata tertunda karena anggaran Pemda yang banyak terpotong untuk menangani Covid-19.

Teluk Pacitan.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Teluk Pacitan.

“Mudah-mudahan selesai Covid-19 terlaksana e-ticketing yang seperti Jatim Park, Ancol, TMII,” ujar dia.

Terkait konsep, rencananya aplikasi tersebut akan memberi calon wisatawan kode pemesanan setelah pembayaran tiket wisata selesai dilakukan.

Baca juga: Menjelajah Banyu Tibo, Pantai dengan Air Terjun Tepi Laut di Pacitan

Kode pemesanan itu akan ditunjukkan kepada petugas di tempat wisata. Aplikasi juga akan menunjukkan kuota pengunjung pada tempat wisata yang hendak dituju.

Saat ini, terdapat sejumlah tempat wisata atau destinasi wisata yang memanfaatkan aplikasi daring atau sistem pembelian tiket secara online, misal aplikasi Visiting Jogja untuk destinasi wisata Daerah Istimewa Yogyakarta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X