Kompas.com - 26/04/2021, 18:06 WIB
Pantai Klayar yang terkenal di Pacitan. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPantai Klayar yang terkenal di Pacitan.

 

KOMPAS.com – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Pacitan Andi Faliandra mengatakan, selama periode mudik lebaran pada 6-17 Mei 2021, wilayahnya saat ini masih menerima wisatawan dari luar daerah.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa keputusan itu bersifat sementara karena akan ada arahan lebih lanjut.

“Kita masih menunggu keputusan, mungkin satu atau dua hari lagi. Ini lagi didiskusikan dengan Satgas Penanganan Covid-19,” katanya kepada Kompas.com, Senin (26/4/2021).

Baca juga: 3 Tempat Wisata di Sekitar Waduk Tukul Pacitan, Apa Saja?

Meski begitu, pihaknya tetap mengikuti arahan pemerintah pusat bahwa masyarakat yang diizinkan memasuki Kabupaten Pacitan adalah hanya mereka yang bertujuan untuk berwisata dan bukan untuk mudik.

Jika nanti hasil keputusan pada beberapa hari mendatang adalah wisatawan dari luar Pacitan boleh berkunjung, mereka akan melalui pemeriksaan pada pintu masuk kabupaten tersebut.

“Pengecekkan saat masuk Pacitan, berkaitan dengan mudik. Bisa dilihat orang-orang yang mudik seperti apa. Bisa ditebak,” jelas Andi.

Baca juga: Pantai Watu Bale Pacitan Punya Wahana Uji Nyali, Berani Coba?

Namun, jika nanti wisatawan dari luar Pacitan diizinkan berkunjung, Andi dan sejumlah pihak terkait akan memastikan bahwa mereka bukan pemudik yang berpura-pura jadi wisatawan.

Sebagai contoh, apabila ada orang yang bermalam di tempat wisata, tetapi sehari-harinya mengunjungi kediaman para sanak saudara, mereka akan dikeluarkan dari penginapan tersebut.

“Itu yang dihindari, itu bisa menularkan ke keluarga. Yang pasti, diterima atau tidaknya wisatawan dari luar Pacitan, sehari dua hari ini akan diputuskan,” ujar Andi.

Jawa Timur perketat seluruh pintu masuk di perbatasan

Meski pariwisata Kabupaten Pacitan masih dibuka untuk wisatawan dari luar daerah, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan bahwa pihaknya akan mengawasi pergerakan warga yang kelihatan bertujuan untuk mudik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X