Kompas.com - 04/05/2021, 16:32 WIB
Ketenangan air laut di beberapa tempat di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, membuat daerah ini menjadi lokasi wisata bahari yang potensial dikunjungi wisatawan. KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOLKetenangan air laut di beberapa tempat di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, membuat daerah ini menjadi lokasi wisata bahari yang potensial dikunjungi wisatawan.

 

KOMPAS.com - Kepulauan Sangihe, yang terletak di paling ujung Provinsi Sulawesi Utara, merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang unik dan langka di dunia.

Berhadapan langsung dengan Pulau Mindanao di Filipina, membuat Kepulauan Sangihe disebut sebagai daerah perbatasan.

Baca juga: Keindahan Kepulauan Sangihe dengan Gunung Api Bawah Lautnya

Melansir dari Sangihekab.go.id, kepulauan ini memiliki gugusan pulau yang indah. Total ada 105 pulau di Sangihe dan 26 pulau di antaranya berpenghuni. 

Kabupaten Kepulauan Sangihe juga dikelilingi pulau-pulau kecil yang menambah eksotisnya wilayah ini sebagai destinasi wisata.Kompas.com/Ronny Adolof Buol Kabupaten Kepulauan Sangihe juga dikelilingi pulau-pulau kecil yang menambah eksotisnya wilayah ini sebagai destinasi wisata.

Kepulauan yang satu ini terkenal akan kekayaan biota bawah laut hingga terumbu karangnya yang beragam dan unik. Hal itulah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kepulauan Sangihe.

Baca juga: Sangihe Potensial Kembangkan Wisata Bahari

Jika kamu tertarik berlibur ke sana, jangan lupa berkunjung ke 14 lokasi wisata bawah laut di pulau tersebut yang memukau dan akan membuat liburan jadi semakin seru.

Berikut daftar 14 tempat wisata bawah laut di Kepulauan Sangihe yang telah Kompas.com rangkum, Senin (3/5/2021):

1. Gunung Api Bawah Laut Banua Wuhu Mahengetang

Gunung Api Bawah Laut (Underwater Volcano) Banua Wuhu (Dunia Baru” Mahengetang berlokasi di Gugusan Kepulauan Kecamatan Tatoareng. Banua Wuhu berarti dunia baru. 

Baca juga: Meneliti Gunung Api dan Menyingkap Keindahan Bawah Laut Sangihe

Jika melihat status, gunung api ini masih aktif. Hal itu dibuktikan dengan gelembung-gelembung udara yang nampak keluar ke permukaan laut, serta air di sekitar lokasi gunung api terasa hangat.

Gunung Api Bawah Laut, Kepulauan SangiheDok. VISIT-SANGIHE.com Gunung Api Bawah Laut, Kepulauan Sangihe

Di sekitar gunung api ini tercipta taman laut dengan panorama yang indah yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Sesekali ikan-ikan dengan beraneka warna dan ukuran berenang di sekitar gunung api.

Apabila tertarik menikmati keindahan alam bawah lautnya, kamu bisa melakukan snorkeling dan diving pada bulan atau musim tertentu, yaitu bulan Maret-Mei dan Agustus-Oktober.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X