Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Punya Wisata Edukasi Naik Kapal Pesiar Keliling Dunia, Jalan-jalan Sambil Belajar

Kompas.com - 09/05/2021, 15:03 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Smithsonian Institution di Amerika Serikat, sebuah lembaga yang mengelola sekelompok museum termasuk National Museum of Natural History, menawarkan wisata edukasi naik kapal pesiar keliling dunia.

Melansir Travel and Leisure, Rabu (5/5/2021), kerja sama program perjalanan itu dilakukan dengan sebuah perusahaan kapal pesiar bernama Ponant.

Baca juga: Kapal Pesiar Bisa Berlayar Kembali Mulai Pertengahan Juli

Program yang berfokus pada sejarah dan budaya tersebut akan memulai ekspedisi pada 2022 dengan melakukan pelayaran dari Antartika dan Islandia, hingga Mediterania dan Jepang.

Para wisatawan yang berada di atas kapal pesiar juga akan ditemani para ahli, seperti arkeolog, ilmuwan, antropolog, dan sejarawan yang siap membantu memperkaya pengetahuan wisata di setiap destinasi.

Ilustrasi Jepang - Hiroshima Peace Memorial.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Jepang - Hiroshima Peace Memorial.

“Saat perjalanan mulai dilanjutkan, kami yakin, para tamu akan lebih tertarik pada pengalaman bermakna yang membantu untuk menafsirkan dan memahami tempat-tempat yang dijelajahi dengan lebih baik,” kata Senior Vice President Smithsonian Travel, Lynn Cutter, mengutip Travel and Leisure.

Sebagai contoh saat tiba di Jepang, wisatawan dapat mengikuti kelas membuat mi udon sebelum jalan-jalan di taman yang telah ada sejak periode Edo awal.

Selain itu saat berada di kapal pesiar Le Soleal dengan kapasitas 264 tamu, wisatawan juga bisa mengunjungi Hiroshima Peace Memorial Park.

Baca juga: Penumpang Harus Sudah Divaksin Covid-19 Sebelum Naik Kapal Pesiar Ini

Untuk destinasi wisata lain seperti Kepulauan Svalbard, para tamu dapat menyiapkan diri untuk melihat beruang kutub dan walrus sambil ditemani pemandu naturalis dari kapal pesiar Le Boreal.

Jika tertarik untuk menjelajahi Amerika Utara melintasi Great Lakes dari Lake Ontario ke Michigan, sambil menikmati megahnya Air Terjun Niagara, para tamu dapat mengambil paket perjalanan selama delapan hari.

Air terjun Niagara (Photo by Sergey Pesterev on Unsplash).Photo by Sergey Pesterev on Unsplash Air terjun Niagara (Photo by Sergey Pesterev on Unsplash).

Chief Executive Officer Ponant untuk Amerika Navin Sawhney mengatakan bahwa perusahaan kapal pesiar tersebut telah menjadi pelopor dalam mengajak wisatawan untuk liburan dengan cara yang bermakna selama lebih dari 30 tahun.

“Kami bangga meluncurkan kolaborasi dengan Smithsonian Journeys untuk terus memberikan pengalaman yang tak tertandingi bersama pemandu yang telah menjelajahi dunia selama beberapa dekade, dan pakar terbaik di bidangnya,” tutur dia.

Baca juga: Tiket Pelayaran Kapal Pesiar untuk 2023 Sudah Ludes dalam Sehari

Meski pelayaran tidak dijadwalkan hingga 2022, perusahaan kapal pesiar tersebut telah menerapkan protokol keamanan Covid-19. Seluruh penumpang dan awak kapal berusia di atas 16 tahun harus divaksin setidaknya 14 hari sebelum menaiki kapal.

Tidak hanya itu, para tamu juga wajib menunjukkan bukti negatif Covid-19 lewat tes PCR yang diambil dalam waktu 72 jam setelah keberangkatan. Seluruh bagasi juga akan didisinfeksi sebelum dinaikkan ke atas kapal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com