Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2021, 07:08 WIB
Markus Yuwono,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jika ingin menikmati suasana sejuk khas pedesaan tidak ada salahnya mampir ke Taman Wisata Batu Kapal di Klenggotan RT 01 Srimulyo, Kapanewon Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selain bisa menikmati kesejukan karena berada di bawah pohon bambu, pengunjung juga bisa menikmati kesegaran air Sungai Opak.

Baru dibuka April 2020 lalu, Taman Wisata Batu Kapal belum menerapkan tarif resmi dan pengunjung dapat membayar secara sukarela. 

Baca juga: Mengenang Gempa Yogya dengan Berkunjung ke Monumen Gempa di Bantul

Adapun rutenya, dari jalan Yogyakarta-Wonosari hingga sampai di Pasar Wage, pengunjung bisa maju beberapa meter hingga menemukan gapura Klenggotan. Setelah itu, mereka bisa masuk ke utara dan tinggal menyusuri jalan lantaran sudah ada petunjuk yang dipasang pengelola.

 

"Belum resmi dibuka, tetapi pengunjung sudah datang sejak dibersihkan," kata Koordinator Taman Wisata Batu Kapal Samsi Dwi Asaparudin, Senin (31/5/2021).

Taman Wisata Batu Kapal, BantulKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Taman Wisata Batu Kapal, Bantul

Samsi menjelaskan, destinasi wisata ini dinamai Taman Wisata Batu Kapal karena ada dua batu berukuran besar yang bentuknya menyerupai kapal, khususnya bada bagian haluan.

"Namanya Batu Kapal karena ada dua batu mirip kapal dan banyak guratannya sehingga menambah bagus batu untuk latar belakang foto," katanya.

Baca juga: Pascalibur Lebaran, Kunjungan ke Gunungkidul dan Bantul Meningkat

Suara aliran Sungai Opak menambah ketenangan suasana dan membuat siapapun betah berlama-lama duduk di sekitar rindangnya pepohonan bambu.

Samsi menceritakan, bersama warga sekitar, lahan yang sebelumnya kotor dan tidak terawat ini mulai dibersihkan medio April 2020. Saat itu, dengan modal semangat dan keindahan Sungai Opak dipadu pemandangan tebing yang indah, membuat destinasi ini semakin dikenal luas.

Wisatawan yang datang awalnya rombongan pesepeda yang ingin melepas lelah, sambil menikmati santapan khas warga. Foto-foto keindahan alam Taman Wisata Batu Kapal pun ramai diunggah di media sosial. Terlebih, pada batuan tersebut, terdapat guratan yang membuat batu itu bertambah unik saat difoto.

Baca juga: Tempat Wisata di Bantul Sudah Bisa Nontunai

 

 

"Booming-nya bulan Juni 2020 lalu, ada puluhan ribu orang datang," kata Samsi.

"Saat booming bisa puluhan ribu (wisatawan yang datang) dalam sehari, tapi hari-hari ini kalau tidak weekend hanya ratusan orang dan saat weekend di kisaran 1.000 orang. Nah, kebanyakan pengunjung itu malah dari Solo dan Semarang," imbuhnya. 

Taman Wisata Batu Kapal, BantulKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Taman Wisata Batu Kapal, Bantul

Kini, tak hanya warga lokal Bantul atau DIY yang berwisata, tapi juga warga dari Solo dan Semarang. Mereka datang untuk menikmati suasana desa yang khas, dan menyusuri Sungai Opak dengan menyewa ban, yang ditemani pemandu.

 

 

Harganya pun cukup murah, hanya Rp 20.000 untuk dua kali menyusuri kawasan itu sepanjang 500 meter. Selain menikmati kawasan keindahan alam, pengunjung juga bisa menikmati makanan yang disediakan penduduk sekitar. Mulai dari soto, hingga makanan ringan lainnya.

Baca juga: 5 Jalur Sepeda di Yogyakarta, Bisa Sambil Wisata dan Susur Kampung

Ada 22 warung milik warga sekitar yang menawarkan berbagai macam menu makanan kepada pengunjung. Warga sudah menyediakan tempat beristirahat yang nyaman agar pengunjung bisa menikmati makanan. 

Taman Wisata Batu Kapal, BantulKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Taman Wisata Batu Kapal, Bantul

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com