Kompas.com - 17/06/2021, 11:48 WIB
Air terjun indoor Jewel Changi Airport, Singapura. SHUTTERSTOCK/DEREKTEOAir terjun indoor Jewel Changi Airport, Singapura.

KOMPAS.com - Jewel Changi Airport atau Bandara Jewel Changi di Singapura sudah dibuka kembali sejak Senin (14/6/2021).

Pembukaan tersebut merupakan langkah awal Singapura untuk menyambut penerbangan internasional lantaran pemerintah telah mencabut aturan lockdown secara bertahap.

Sebelumnya, Jewel Changi Airport ditutup bersamaan dengan terminal bandara pada 13 Mei 2021 lantaran adanya perkembangan klaster Covid-19 yang berasal dari terminal bandara 3. 

Baca juga: Travel Bubble Singapura-Hong Kong Resmi Diundur

Melansir dari Straitstimes.com, Jumat (11/6/2021), meski kembali dibuka, Bandara Changi tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat di setiap sudutnya. 

Jewel Changi Airport Singapura.Shutterstock Jewel Changi Airport Singapura.

Selain itu, Pemerintah Singapura juga membatasi akses di Bandara. Kini, hanya pemegang tiket dan pekerja penting sajalah yang boleh ada di bandara. Bahkan mereka juga sudah menetapkan sistem zonasi di bandara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami memisahkan 14.000 pekerja bandara menjadi tiga zona berbeda berdasarkan tingkat risiko," kata Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) dan Grup Bandara Changi (CAG) kepada The Straits Times.

Seperti zona berisiko tinggi, pekerja mulai dari terminal bandara gerbang keberangkatan dan kedatangan, ruang imigrasi kedatangan, hingga ruang pengambilan bagasi harus memakai APD lengkap setiap saat, kecuali saat makan dan istirahat ke toilet.

Baca juga: Ada yang Baru di Changi Chapel and Museum di Singapura, Apa Saja?

Mereka juga tidak boleh meninggalkan zona mereka selama bekerja untuk menghindari penyebaran silang dengan dua zona berisiko rendah lainnya.

Hal tersebut dilakukan untuk menekan lonjakan kasus seperti yang sudah terjadi sebelumnya. Tindakan itu pun diharapkan dapat meminimalkan penularan Covid-19.

CAAS dan CAG mengatakan, para pekerja bandara juga sudah mulai melakukan tes Breathalyser Covid-19 sebagai bagian protokol kesehetan. Mereka akan meniupkan napas ke dalam breathalyser TracieX sekali pakai yang dilengkapi chip sensor.

Jewel Changi AirportTripzilla Jewel Changi Airport

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.