Kompas.com - 24/06/2021, 14:24 WIB
Ilustrasi Kereta Api (KA) Sawunggalih KOMPAS.COM/Dok PT KAI Daop 5 PurwokertoIlustrasi Kereta Api (KA) Sawunggalih

 

KOMPAS.com - Selain kelas kereta api, PT KAI juga memberlakukan sub-subkelas pada kereta api jarak jauh.

Subkelas ini biasanya diidentikkan dengan huruf-huruf. Misalnya, pada kelas ekonomi C, P, Q, dan S, atau pada kelas bisnis B, K, N, O.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1, Eva Chairunisa mengatakan bahwa meski terdapat pembedaan pada huruf, fasilitas yang disediakan untuk penumpang tetap sama.

Baca juga: Naik Kereta Api Bisa Pakai Tes GeNose di Stasiun, Begini Langkahnya

"Jadi tidak ada perbedaan fasilitas sebenarnya, pembedaan subkelas dari huruf-huruf itu hanya beda di harga saja," ujar Eva kepada Kompas.com, Rabu (23/6/2021).

Calon penumpang kereta api mengenakan masker di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (31/1/2020). PT KAI Daop 1 Jakarta membagikan masker gratis pada calon penumpang dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Calon penumpang kereta api mengenakan masker di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (31/1/2020). PT KAI Daop 1 Jakarta membagikan masker gratis pada calon penumpang dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, Eva menjelaskan bahwa pembagian sub kelas ini sengaja dilakukan internal PT KAI agar penumpang dapat lebih fleksibel memilih harga tiket dan tempat duduk.

Misalnya, penumpang bisa memilih tempat duduk yang lebih dekat kamar kecil, ada yang suka dekat lokomotif, ada yang lebih suka di tengah-tengah, mereka bisa pilih sesuai keinginan.

"Pelayanan tetap sama-sama nyaman di dalam satu rangkaian kereta api," kata Eva.

Baca juga: Naik Kereta Api Long Weekend Ini, Surat Keterangan Negatif Covid-19 Berlaku Hanya 24 Jam

Eva juga memberikan informasi tentang pembagian subkelas yang ada di kereta api. Kelas eksekutif terdiri dari A, H, I, J/ AA, AB, AC. Sementara kelas bisnis B, K, N, O/ BA, BB, BC, dan kelas ekonomi C, P, Q, S/ CA, CB, CC.

"Eksekutif paling murah huruf J, bisnis paling murah huruf O, dan ekonomi paling murah S," ucap Eva.

Meski terdapat perbedaan harga, besaran tarif pada masing-masing subkelas tidak melewati tarif batas atas (TBA) yang telah ditentukan pada setiap kelas kereta api. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.