Kompas.com - 22/07/2021, 16:37 WIB

 

KOMPAS.com – PPKM Darurat di Jawa, Bali, dan 15 kota/kabupaten yang tengah berlangsung saat ini membuat sejumlah gunung di Indonesia menutup jalur pendakiannya.

Hal ini membuat beberapa sobat pendaki yang telah mempersiapkan peralatannya untuk menjajaki atap-atap tertinggi Indonesia mengurungkan niat sejenak.

Baca juga: Menyusuri Jejak-Jejak Letusan Vulkanik Gunung Talang

Kendati demikian, masih ada beberapa gunung yang saat ini buka seperti di Pulau Sumatera.

Berikut Kompas.com rangkum gunung di Sumatera yang membuka jalur-jalurnya untuk sobat pendaki, Kamis (22/7/2021):

1. Gunung Talang, Sumatera Barat

Gunung Talang berlokasi di Kabupaten Solok, Sumatera Barat atau sekitar 40 kilometer (km) sebelah timur dari Kota Padang.

Ketua Jalur Pendakian Gunung Talang via Aia Batumbuk, Bendrianto, mengatakan bahwa saat ini para pendaki masih bisa berkunjung ke sana.

“(Jalur pendakian masih) buka,” ungkap dia, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Syarat Mendaki Gunung Talang di Sumatera Barat, Siapkan KTP Asli

Gunung setinggi 2.597 meter dari permukaan laut (mdpl) ini memiliki tiga jalur pendakian resmi yaitu Aia Batumbuk, Seroja, dan Bukik Bulek.

Seluruh jalur tersebut bisa dilalui oleh calon pendaki yang telah mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker dan melewati prosedur pemeriksaan suhu tubuh.

Pendaki melewati jalur pendakian Ai Batumbuk, Kabupaten Solok, Sumatera Barat saat menuju Gunung Talang, Rabu (1/6/2016). Tak hanya jalur yang licin dan berbatu, medan pendakian yang didominasi akar pohon mulai dari R6 hingga R54.  
KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Pendaki melewati jalur pendakian Ai Batumbuk, Kabupaten Solok, Sumatera Barat saat menuju Gunung Talang, Rabu (1/6/2016). Tak hanya jalur yang licin dan berbatu, medan pendakian yang didominasi akar pohon mulai dari R6 hingga R54.

2. Gunung Tandikek, Sumatera Barat

Gunung Tandikek, juga dikenal Gunung Tandikat, terletak di Dataran Tinggi Minangkabau, Sumatera Barat atau sekitar 7,5 km dari Kota Padang Panjang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.