Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2021, 10:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembukaan kembali seluruh jalur pendakian Gunung Sindoro diundur karena PPKM Darurat diperpanjang pada 26 Juli-2 Agustus 2021.

Hal ini dikonfirmasi Petugas Basecamp Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Bansari sekaligus Mountain Guide Gunung-gunung di Jawa bernama Bayem, Senin (26/7/2021).

"(Diundurnya pembukaan kembali jalur pendakian) berlaku semua basecamp Gunung Sindoro," kata dia kepada Kompas.com.

Baca juga: Pendakian Gunung Sindoro Tetap Buka Meski PPKM Darurat Diperpanjang, Tapi...

Lebih lanjut, Bayem menjelaskan, perpanjangan penutupan seluruh jalur pendakian Gunung Sindoro akan dilakukan hingga informasi lebih lanjut.

Rencana pembukaan sementara yang batal

Sebelumnya, Bayem mengatakan bahwa sebagian jalur pendakian Gunung Sindoro untuk sementara waktu akan dibuka selama perpanjangan PPKM Darurat.

Adapun, jalur-jalur tersebut adalah jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari, Banaran, Kledung, Alang-alang Sewu, dan Sigedang.

Baca juga: Catat, Ini Sanksi Pendaki Gunung Sindoro jika Buang Sampah Sembarangan

Jalur-jalur tersebut sebelumnya direncanakan akan mulai dibuka dan menyambut kembali para sobat pendaki pada Senin.

Panorama Gunung Sindoro dilihat dari Gunung SumbingKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Panorama Gunung Sindoro dilihat dari Gunung Sumbing

“Sementara kembali dibuka. Tapi juga ada kemungkinan tutup kembali secara mendadak. Kita dari basecamp-basecamp juga menganut (aturan dari) pemerintah kabupaten dan dari Perhutani jika disuruh tutup kembali,” tegasnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Seorang perwakilan dari Basecamp Ndoro Arum, jalur pendakian Gunung Sindoro via Banaran.

Baca juga: Embun Es Muncul di Gunung Sindoro, Disebut Pertama Kali Terjadi

Saat dihubungi pada Senin, dia mengatakan bahwa jalur pendakian via Banaran tetap dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kendati demikian, pada saat itu dia menuturkan bahwa pihaknya masih merundingkan lebih lanjut terkait langkah selanjutnya seperti apa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com