Kompas.com - 06/09/2021, 08:08 WIB

KOMPAS.com - Tari Saman merupakan tari tradisional yang berasal dari Provinsi Aceh. Tari ini merupakan salah satu kebudayaan milik Suku Gayo.

Dilansir dari Tari-tarian Tradisional Indonesia karya Indrawati, Tari Saman biasanya ditampilkan menggunakan iringan alat musik berupa gendang. Suara tepukan tangan dari penarinya juga menambah keramaian iringan Tari Saman.

Tarian ini dilakukan secara berkelompok sambil bernyanyi. Penari berlutut membentuk brisan panjang kesamping.

Baca juga: Suku Gayo, Suku Terbesar Kedua di Aceh

"Tarian ini ditarikan kurang lebih 10 orang dengan perincian 8 penari dan 2 orang sebagai pemberi aba-aba sambil bernyanyi," tulis Indrawati.

Sejarah Tari Saman

Dilansir Keanekaragaman Seni Tari Nusantara Karya Resi Septiana Dewi, Tari Saman awalnya merupakan permainan rayat yang bernama Pok Ane. Permainan tersebut kemudian ditambahkan iringan syair-syair yang berisi puji-pujian dalam agama Islam.

"Pada saat itu, Tari Saman menjadi salah satu media dakwah yang digunakan oleh para kiai untuk menyebarkan agama Islam di Aceh," tulis Dewi.

Tari Saman, tarian tradisional dari Aceh DOK. Shutterstock/Misbachul MunirShutterstock/Misbachul Munir Tari Saman, tarian tradisional dari Aceh DOK. Shutterstock/Misbachul Munir

Dilansir dari Gerak Tari Saman dalam Bentuk Notasi Tari karya Hesniwaty (dkk), Tari Saman merupakan hasil karya seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di Dataran Tinggi Gayo.

Kata Saman diambil dari nama sang ulama yaitu Syekh Saman yang menciptakan tarian tersebut. Karena bermula dari permainan tradisional, waktu pasti lahirnya Tari Saman tak diketahui.

Menurut Bahry (dkk) dalam bukunya yang berjudul SAMAN, Kesenian dari Tanah Gayo, tari ini sudah ada di Suku Gayo sebelum Belanda datang. Tari ini bahkan juga disebut dalam catatan Marcopolo saat singgah di Kerajaan Pasai.

Baca juga: 4 Kegiatan Wisata Menarik di Kampung Bali Wonogiri, Lihat Tari Bali

Sejauh ini, belum ada literatur yang menjelaskan secara rinci dan pasti mengenai lahirnya Tari Saman. Sebagian besar cerita tentang asal usul tarian tersebut hanya diceritakan dari mulut ke mulut oleh masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.