Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2021, 19:51 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F.

Editor

BADUNG, KOMPAS.com - Tempat wisata Pantai Kuta yang berlokasi di Kabupaten Badung, Bali, mulai dibuka untuk uji coba kunjungan wisatawan.

Pembukaan tersebut dilakukan sesuai dengan poin 1 huruf k Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 15 tahun 2021, yang menyatakan bahwa daya tarik wisata alam, budaya, buatan, spiritual, dan Desa Wisata di Bali dapat dibuka untuk uji coba.

Baca juga: Daftar Daerah PPKM di Jawa dan Bali sampai 13 September, Level 4 Tinggal 11

"Kami uji coba buka kembali dengan kapasitas pengunjung dibatasi maksimal 50 persen," ujar Bendesa atau Kepala Desa Adat Kuta, Wayan Wasista, di Badung, Rabu (8/9/2021), seperti dikutip dari Antara.

Pihaknya menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi seluruh pengunjung. Hal ini untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 di kawasan wisata.

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Dilakukan di Pantai Kuta Bali

Pihak pengelola juga akan menerjunkan sejumlah petugas seperti Pecalang, Jagabaya, serta Satgas pantai untuk berkeliling. Mereka akan bertugas memastikan wisatawan disiplin menjalankan protokol kesehatan selama berada di kawasan pantai.

Foto ini diambil pada saat Pantai Kuta belum resmi ditutup, tetapi wisatawan sudah mulai menghindari tempat wisata, salah satunya Kuta Bali, Kamis (13/02/2020).Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf Foto ini diambil pada saat Pantai Kuta belum resmi ditutup, tetapi wisatawan sudah mulai menghindari tempat wisata, salah satunya Kuta Bali, Kamis (13/02/2020).

Pakai aplikasi PeduliLindungi

Wasista menjelaskan, dalam uji coba pembukaan Pantai Kuta itu pihaknya juga meminta pengunjung untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi ketika akan memasuki Pantai Kuta.

Tidak hanya bagi pengunjung pantai, seluruh pedagang yang berjualan di kawasan pantai juga harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat serta telah menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua.

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Terbaru Naik Pesawat, Simak Ketentuannya

"Pedagang yang belum menunjukkan bukti vaksin Covid-19 dosis kedua, kami tetap larang untuk berjualan sementara. Mudah-mudahan dengan seperti ini masyarakat dapat sadar pentingnya vaksinasi itu, untuk dirinya sendiri, untuk lingkungan, kemudian untuk kita bersama," ungkap Wasista.

Ia berharap, uji coba pembukaan Pantai Kuta dapat berjalan lancar dan nantinya tidak ada buka tutup kawasan wisata lagi.

Ia pun berharap kehidupan masyarakat Bali, khususnya yang bergerak dalam sektor pariwisata, dapat berangsur pulih sehingga pariwisata Bali kembali bangkit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com