Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2021, 17:27 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak para menteri di kawasan Asia Tenggara untuk kerja sama dalam pembukaan kembali wilayah tersebut untuk wisatawan asing

Hal tersebut ia sampaikan dalam Global Tourism Forum: Hybrid Event Leaders Summit Asia Indonesia 2021 pada Rabu (15/9/2021), khususnya dalam sesi Ministers Talk: Reopening ASEAN Tourism Destination for International Tourist. 

Dalam sesi tersebut, ia menguraikan tiga hal, di antaranya kolaborasi, penerapan aturan kesehatan serta keamanan, dan penyelenggaraan aktivitas.

"Pertama, mari saling berbagi informasi terbaru terkait pandemi, protokol kesehatan serta keamanan, khususnya vaksinasi dan prosedur CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) untuk mencapai pemahaman bersama," kata Sandiaga. 

Baca juga:

Selanjutnya, ia juga mengajak para menteri untuk memastikan penerapan aturan kesehatan dan keselamatan.

Adapun aturan tersebut kerap dinilai mempersulit pelaku perjalanan, namun perannya sangat penting guna memastikan bahwa wilayah Asia Tenggara dapat menanggulangi pandemi. 

"Ketiga, saya ingin mengajak Pak Bulut (selaku Presiden) World Tourism Forum Institute untuk bekerja sama dengan negara-negara di ASEAN untuk membuat program dan aktivitas guna mempercepat pemulihan pariwisata di wilayah ini. Indonesia siap untuk inisiatif-inisiatif baru dan menantikan kerja sama dengan para menteri lainnya," jelasnya. 

Ia melanjutkan bahwa para pemimpin negara tersebut telah saling berkomunikasi dengan efektif, namun akan lebih efisien dan efektif jika ditingkatkan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com