Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2021, 14:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Beberapa waktu belakangan, isu seputar dibukanya kembali penerbangan internasional ke Bali ramai terdengar di kalangan warganet.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati menegaskan, pihaknya belum mengizinkan pembukaan kembali penerbangan internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

“Kemenhub menegaskan, sampai hari ini, pintu masuk untuk penerbangan internasional hanya melalui Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandara Sam Ratulangi di Manado,” jelas dia dalam pernyataan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (20/9/2021).

Adapun, pintu masuk bagi warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI) yang hendak masuk ke Nusantara hanya diterapkan pada dua bandara tersebut per 17 September 2021.

Baca juga:

Hal ini tertera dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021, dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan (SE Kemenhub) Nomor SE 74 Tahun 2021.

Menurut Adita, kebijakan yang tidak ditentukan waktu berakhirnya dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan di lapangan.

“Pembatasan pintu masuk internasional ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi dan mencegah penyebaran varian virus baru Covid-19 termasuk varian Mu (B.1.621) masuk ke Indonesia,” ujarnya.

Adita mengatakan bahwa klarifikasi ini perlu diumumkan lantaran isu pembukaan kembali rute penerbangan internasional tidak hanya mengacu pada bandara Bali, namun juga sejumlah bandara lain di Indonesia.

“Kami mohon kepada masyarakat agar selektif dan mengklarifikasi dahulu informasi yang bereda di media sosial, agar tidak menimbulkan kebingungan,” pungkasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com