Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2021, 19:16 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sejumlah tempat wisata di Bali sudah dibuka kembali untuk wisatawan melalui tahap uji coba.

“Tempat wisata dibuka dengan status uji coba, dan pembatasan jumlah pengunjung 50 persen. Dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa, Rabu (22/9/2021).

Baca juga: Jelajahi 6 Surga Indonesia, Bali Salah Satunya

Adapun pembukaan tempat wisata tersebut hanya berlaku untuk tempat yang berada di luar ruangan atau merupakan wisata alam.

Lantas, apa saja tempat wisata yang sudah dibuka kembali dan seperti apa pesonanya? Berikut Kompas.com rangkum, Kamis (23/9/2021):

1. Pantai Kuta, Kabupaten Badung

Pantai Kuta merupakan tempat wisata yang menawarkan panorama pantai. Hal ini terlihat dari hamparan pasir putih yang menghiasi deretan pepohonan di sepanjang pantai.

Saat berkunjung pada siang hari, meski matahari dalam keadaan terik, mungkin kamu akan betah berlama-lama di pantai itu untuk melihat pemandangan laut sambil menikmati embusan angin.

Baca juga:

Sembari melihat pemandangan, wisatawan bisa berswafoto ria dengan ikon pantai tersebut yakni patung penyu.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu adalah jalan-jalan di tepi pantai, belanja suvenir, dan berselancar. Pantai Kuta sudah dibuka kembali untuk uji coba sejak 8 September 2021.

2. Pura Uluwatu, Kabupaten Badung

Pura Uluwatu sudah dibuka kembali sejak 13 September. Tempat wisata yang terletak 70 meter di atas tebing ini menawarkan panorama laut lepas.

Biasanya, terlebih sebelum pandemi Covid-19, pentas tari kecak dilakukan di teater luar ruangan yang dimulai pukul 18.00 Wita setiap harinya.

Akibat pandemi, pertunjukan seni itu ditangguhkan sementara. Mengutip Antara, Selasa (14/9/2021), tari kecak rencananya akan dimulai pada akhir September.

Meski nantinya pertunjukan tari kecak belum dapat dilakukan, kamu tidak perlu berkecil hati karena masih ada kegiatan wisata lain yang dapat dilakukan selama berada di Pura Uluwatu.

Misalnya adalah berfoto-foto sambil menikmati pemandangan laut, atau berburu matahari terbenam di ufuk barat sambil mendengar deburan ombak di bawah tebing.

Pantai Melasti, salah satu wisata populer di Bali. SHUTTERSTOCK/IRISKARIGHTNOW Pantai Melasti, salah satu wisata populer di Bali.

3. Bali Bird Park, Kabupaten Gianyar

Wisatawan sudah bisa berkunjung ke Bali Bird Park sejak 11 September lalu. Tempat wisata ini memiliki koleksi 250 spesies burung yang berasal dari berbagai wilayah, termasuk Amerika Selatan.

Saat berkunjung ke tempat wisata ini, wisatawan tidak hanya bisa melihat dan berfoto dengan para burung, namun juga menonton pertunjukan burung, melihat kegiatan pemberian pakan komodo, dan memberi makan burung pelikan.

4. Pantai Legian, Kabupaten Badung

Pantai Legian yang sudah dibuka sejak beberapa waktu lalu terletak tidak jauh dari Pantai Kuta. Kamu bisa berjalan kaki dari Pantai Kuta untuk beach hopping ke Pantai Legian.

Baca juga:

Hamparan pasir emasnya terlihat sangat kontras dengan laut lepas yang berwarna biru pekat. Terdapat beberapa kursi pantai yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati pemandangan tersebut.

Kegiatan wisata yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Pantai Legian di antaranya adalah berenang, berselancar, jalan-jalan santai di tepi pantai, atau menikmati matahari terbenam.

5. Pantai Melasti, Kabupaten Badung

Pantai Melasti kerap dijadikan sebagai pusat kegiatan Upacara Melasti pada hari tertentu. Jika beruntung, mungkin kamu bisa melihatnya saat berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Pantai ini menawarkan dua pemandangan yang berbeda. Selain bisa melihat laut lepas, ada juga pemandangan air terjun kecil.

Salah satu kegiatan wisata yang bisa dilakukan adalah snorkeling untuk menikmati ekosistem laut yang masih terjaga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com