Kompas.com - 13/10/2021, 15:17 WIB

KOMPAS.com – Pulau Jawa memiliki beberapa gunung megah yang keindahannya tidak pernah membosankan untuk dipandang. Misalnya seperti Gunung Ciremai dan Gunung Merapi.

Di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah—tepatnya di Desa Wisata Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing—wisatawan dapat menikmati pemandangan lima dari beberapa gunung yang ada di Pulau Jawa.

Baca juga: Desa Wisata Karanganyar Borobudur Masuk 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia

Melansir keterangan pers dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Rabu (13/10/2021), lima gunung yang dimaksud adalah Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Slamet.

Wisatawan yang berkunjung bisa melihatnya dari gardu pandang yang berada pada salah satu spot wisata di Desa Wisata Pandanrejo, yakni Gunung Gajah.

Baca juga: Desa Wisata Tinalah di Kulon Progo yang Indah dan Masuk 50 Besar ADWI 2021

Spot wisata alam lainnya

Jika masih belum puas menikmati keindahan alam yang ada, kamu bisa berkunjung ke Bukit Sebutrong—bukit batu yang bentuknya menyerupai gajah.

Bukit ini tersusun dari batuan kristal (watu lintang) dan batuan kapur (watu gamping). Penyematan “Sebutrong” sebagai nama spot wisata alam ini berasal dari kata “sebut rong” yang berarti banyak lubang.

Desa Wisata Pandanrejo di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Pandanrejo di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Nama tersebut disematkan lantaran Bukit Sebutrong memiliki banyak lubang yang awalnya merupakan sarang landak. Pengunjung yang berwisata ke tempat ini dapat melihat batu durian, ombak, dan matahari terbenam.

Pemandangan matahari terbit juga bisa dinikmati sambil dikelilingi hutan pinus di bukit tersebut.

Baca juga: Desa Wisata Sangiran di Sragen Punya Situs Sejarah yang Diakui UNESCO

Hal unik lainnya di Desa Wisata Pandanrejo

Selain memiliki dua spot wisata alam untuk menikmati pemandangan, Desa Wisata Pandanrejo memiliki hal unik lain yang dapat dinikmati wisatawan.

  • Wisata edukasi kambing etawa

Salah satu desa wisata di Indonesia ini merupakan tempat pengembangan kambing etawa khas Kaligesing yang sudah dikenal sejak 1920.

Baca juga: Wisata Alam hingga Budaya, Berikut 4 Kegiatan Seru di Desa Wisata Ranupani

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.