Kompas.com - 19/10/2021, 18:41 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pengunjung obyek wisata di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bisa menunjukkan kartu vaksin Covid-19 jika kesulitan mengakses aplikasi PeduliLindungi lantaran susah sinyal. 

Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Bantul Abdul Halim dan berlaku untuk obyek wisata yang akan beroperasi saat PPKM Level 2.

Ia juga berharap semua lokasi dipasangi kode QR aplikasi PeduliLindungi.

Meski demikian, Halim mengakui jika akses ke kode QR terhalang oleh sinyal, wisatawan disarankan untuk menggunakan kartu vaksin.

Penggunaan kartu vaksin sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021.

"Maka nanti salah satu opsinya adalah dengan menunjukkan kartu vaksin. Ini sebagai bentuk kehati-hatian kita agar (PPKM) level 2 ini tidak jadi momentum bangkitnya kembali penyebaran Covid-19," kata Halim kepada wartawan di Bantul, Selasa (19/10/2021).

Baca juga:

Obyek wisata yang sudah memasang kode QR PeduliLindungi

Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo Mencoba Aplikasi PeduliLindungi di Pinus Sari, Mangunan, Dlingo, Kamis (16/9/2021)KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo Mencoba Aplikasi PeduliLindungi di Pinus Sari, Mangunan, Dlingo, Kamis (16/9/2021)

Saat disinggung mengenai lokasi obyek wisata yang sudah menerapkan kode QR, Halim mengatakan bahwa hampir semua obyek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Bantul diharapkan sudah dipasang.

Adapun obyek wisata yang dimiliki atau dikelola pemerintah meliputi obyek wisata pantai, Goa Cerme, dan Goa Selarong.

Sedangkan obyek wisata yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) jumlahnya juga cukup banyak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.