Kompas.com - 23/10/2021, 13:14 WIB

KOMPAS.com - Pekalongan adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menawarkan wisata alam, budaya, dan edukasi.

Berdasarkan laman Pemerintah Kabupaten Pekalongan, kabupaten ini terdiri dari sejumlah kecamatan, salah satunya Kecamatan Karanganyar. Wilayah ini juga memiliki beragam obyek wisata yang sayang untuk dilewatkan. 

Baca juga: Rute ke La Ranch Glamping Adventure Pekalongan, Tempat Glamping Bernuansa Indian

Berikut ini adalah rencana perjalanan atau itinerary satu hari di Kabupaten Pekalongan, tepatnya di Kecamatan Karanganyar:

Sarapan sego megono khas Pekalongan

Nasi megono pekalongan DOK. Shutterstock Nasi megono pekalongan DOK. Shutterstock

Mencoba makanan khas adalah aktivitas yang sayang untuk dilewatkan tiap kali berwisata ke suatu daerah. Kabupaten Pekalongan memiliki sejumlah makanan khas, salah satunya adalah sego megono.

Sajian ini berbahan dasar nangka muda dengan bumbu rempah-rempah dan kelapa muda. Perpaduan rempah dan kelapa muda menciptakan rasa yang gurih. 

Sajian ini awalnya digunakan sebagai persembahan untuk Dewi Sri. Akan tetapi, kini sajian tersebut dapat dinikmati oleh siapapun dan kapanpun. 

Salah satu warung makan yang menyajikan makanan tersebut adalah Warung Makan Sego Megono di Jaed, Tanjungsari, Kajen, Pekalongan.

Tempat makan ini terletak 11,4 kilometer (km) dari Gerbang Tol Bojong, Pekalongan, atau sekitar 21 menit waktu tempuh menggunakan mobil.

Warung ini buka dari pukul 05.30 sampai 16.00 WIB setiap harinya.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.