Kompas.com - 04/11/2021, 20:42 WIB

KOMPAS.com - Di Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Kecamatan Janggat, Kabupaten Lombok Tengah, terdapat desa yang dulunya menjadi pusat pemerintah Kedistrikan Hindia Belanda.

Desa tersebut kini dikenal sebagai Desa Wisata Bonjeruk. Lokasinya dapat dicapai dengan berkendara selama 30 menit dari Bandara Internasional Lombok.

Wisatawan yang berkunjung ke desa ini dapat melihat beragam bangunan tua bergaya Eropa, salah satunya gapura dengan tulisan "Bondjeroek den 10 mei" dan tahun "1933" di bawahnya.

Menurut keterangan resmi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang Kompas.com terima, Rabu (3/11/2021), gapura tersebut menjadi gerbang masuk ke perumahan peninggalan Belanda. 

Baca juga:

Perumahan itu disebut menjadi lokasi pusat pemerintahan tingkat Distrik Jonggat yang dipimpin Lalu Serinata. 

Untuk diketahui, Lalu Serinata adalah Bupati Lombok Tengah yang pertama.

Ketua Harian Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Wirajaya Putrajaya Jonggat, Wiryadi, mengatakan bahwa pihaknya akan memaksimalkan bangunan bersejarah sebagai upaya memajukan wisata sejarah.

"Saat ini kami sedang tata, ke depan kami akan bangun museum sehingga bisa melihat lebih jauh tentang sejarah yang ada," katanya.

Pilihan wisata lain selain wisata sejarah

Warga Desa Wisata Bonjeruk, Nusa Tenggara Barat, yang memainkan permainan tradisional. Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Warga Desa Wisata Bonjeruk, Nusa Tenggara Barat, yang memainkan permainan tradisional.

Selain wisata sejarah, Desa Wisata Bonjeruk juga memiliki wisata agro, budaya, dan kuliner. 

Wisatawan bisa menyantap buah-buahan yang baru dipetik di kebun desa, lalu bersepeda di antara hamparan perkebunan dan persawahan. 

Mereka juga dapat mengenal permainan tradisional yang masih dimainkan warga, di antaranya gangsing dan egrang, dan membaca lontar.

Jika ingin mengisi perut, wisatawan bisa mengunjungi Pasar Bambu. Pusat kuliner yang buka setiap hari ini menyediakan aneka kuliner khas mulai dari camilan hingga makanan berat. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.