Kompas.com - 29/11/2021, 19:07 WIB

KULON PROGO, KOMPAS.com – Tiga kabupaten mengembangkan kesenian tari baru untuk mendukung Destinasi Wisata Super Prioritas Borobudur. Kegiatan bersama ini disebut kesenian Tari Gelangprojo dengan tari bernama Soledo Loano.

Ketiganya merupakan hasil kolaborasi Dinas Pariwisata Kulon Progo, Yogyakarta, serta Purworejo dan Magelang di Jawa Tengah.

"Berawal dari ketemunya tiga kepala dinas pariwisata yang ingin memunculkan suatu kolaborsasi (kesenian) yang bisa mewakili tiga kabupaten dan bisa ditampilkan bersama,” kata Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Junaita.

Baca juga: Kunjungan ke Candi Borobudur Diprediksi Turun Saat Libur Nataru

Pernyataan itu ia sampaikan dalam acara soft launching Tari Gelangprojo "Soledo Loano", Senin (29/11/2021) di Kawasan Tugu Malioboro, Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Upaya dongkrak wisata Borobudur dan sekitarnya

Kesenian itu dikembangkan di tengah upaya pemerintah mendongkrak wisata ke kawasan Borobudur dan sekitarnya.

Hal ini seiring dengan perkembangan pesat infrastruktur, mulai dari tol yang sedang dikebut dan keberadaan bandara YIA. Junaita menggambarkan bagaimana bandara memiliki kapasitas layanan 24 juta penumpang per tahun.

Baca juga: Wisatawan Belum Bisa Naik ke Candi Borobudur, Ada Apa?

"Jutaan orang itu tidak hanya ke Kulon Progo, tapi juga bisa sampai ke 30 kabupaten kota di luar Yogyakarta," ujar dia.

Tarian Gelangprojo 'Soledo Loano' mulai dikenalkan kepada masyarakat di Kawasan Tugu Malioboro Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Senin (29/11/2021).KOMPAS.COM/DANI JULIUS Tarian Gelangprojo 'Soledo Loano' mulai dikenalkan kepada masyarakat di Kawasan Tugu Malioboro Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Senin (29/11/2021).

Oleh karena itu, sambung dia, pemerintah pun perlu mendorong kemunculan industri ekonomi kreatif di wilayah sekitar, baik berupa atraksi budaya maupun tempat wisata.

“Yang bisa memperlengkap para tamu itu agar lenght of stay lebih panjang, pembelanjaan bertambah. Industri ekonomi kreatif wilayah ini mesti ditingkatkan lagi biar pembelajaan lebih banyak,” tutur Junaita.

BOB lantas mendorong kerja sama pemerintah ketiga kabupaten yang saling berbatasan itu, terutama melalui kerja sama berbagai dinas yang ada.

Baca juga: Kunjungan ke Candi Prambanan Balap Candi Borobudur pada Oktober 2021

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.