Kompas.com - 02/12/2021, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Kamboja telah menutup kedatangan pelaku perjalanan internasional dari 10 negara untuk mengantisipasi penyebaran varian Omicron, sejak Senin (30/11/2021).

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan Kamboja Mam Bunheng.

"Langkah ini untuk mencegah penyebaran varian Omicron ke Kamboja, dan akan berlaku dalam waktu 48 jam setelah pernyataan ini dirilis," jelasnya.

Melansir China Daily, kesepuluh negara tersebut ialah Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Malawi, Angola, dan Zambia.

Varian Omicron pertama kali dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 24 November 2021 setelah terdeteksi di Afrika Selatan, dan hingga kini belum ditemukan di wilayah Kamboja.

Baca juga:

Meskipun cakupan vaksinasi Covid-19 di negara ini terbilang tinggi, namun perwakilan WHO untuk Kamboja Li Ailan mengimbau agar masyarakat tetap waspada.

"Semua orang harus siap untuk kemungkinan lonjakan (kasus), dan kami harus terus belajar dan menyesuaikan langkah-langkah kami," terang Li Ailan.

Pemerintah Kamboja telah melaporkan sebanyak 25 kasus Covid-19 baru pada hari Senin (29/11/2021), sehingga total kasus nasional berjumlah 120.112.

Kementerian Kesehatan Kamboja juga menyampaikan bahwa ada empat kasus kematian lagi yang dikonfirmasi, sehingga jumlahnya menjadi 2.935 kasus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.