BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Korea Tourism Organization

Kembangkan Wellness Tourism, Yuk Kenali Rekomendasi Wisata Sehat di Korea

Kompas.com - 07/12/2021, 15:35 WIB
|

KOMPAS.com – Stres akibat pandemi Covid-19 dan penerapan sejumlah pembatasan kegiatan sosial selama hampir dua tahun terakhir membuat banyak orang menghargai setiap peluang untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Salah satunya, dengan berlibur.

Berbicara soal liburan, pandemi juga memunculkan tren baru akvitas vakansi, yakni wellness tourism atau wisata kesehatan. Berkat peningkatan kesadaran akan kesehatan selama pandemi, masyarakat pun mencari destinasi liburan yang dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Adapun wellness tourism adalah liburan yang menitikberatkan pada tujuan memelihara, mengelola, serta meningkatkan kesehatan dan kondisi tubuh secara keseluruhan. Jadi, vakansi kini tidak sekadar bersenang-senang, mencicipi kuliner, atau berfoto ria.

Banyak pelancong kini lebih memilih untuk melakukan perjalanan kaki atau hiking, mengunjungi spa atau melakukan perawatan kecantikan, bersepeda, olahraga air, meditasi, dan retret.

Ada banyak negara yang bisa dijadikan tujuan wisata kesehatan. Salah satunya, Korea Selatan. Negeri Ginseng ini terkenal akan berbagai pengobatan tradisionalnya dan diberkahi bentang alam menakjubkan.

Terdapat empat jenis tujuan wellness tourism yang bisa disambangi di Korea Selatan, yakni kecantikan dan spa, pengobatan tradisional Korea, penyembuhan alam dan hutan, serta penyembuhan dan meditasi.

Nah, berikut empat rekomendasi wisata berdasarkan masing-masing kategori tersebut.

Baca juga: Simpan Dulu Liburan Kemudian, Berikut 5 Destinasi Wisata Ramah Muslim di Korea Selatan

Yongpyong Resort Balwangsan Mountain

Yoga menjadi salah satu aktivitas relaksasi yang ditawarkan di Yong Pyong Resort Balwangsan Mountain.www.yongpyong.co.kr Yoga menjadi salah satu aktivitas relaksasi yang ditawarkan di Yong Pyong Resort Balwangsan Mountain.

Sesuai namanya, Yongpyong Resort Balwangsan Mountain merupakan resor yang berada di puncak Gunung Balwangsan. Gunung berketinggian 1.458 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini berada di Provinsi Gangwon (Gangwon-do).

Seperti kawasan pegunungan di tempat lain, destinasi itu juga menawarkan keindahan, ketenangan, dan kesejukan yang bermanfaat bagi raga ataupun jiwa.

Beragam aktivitas relaksasi, seperti meditasi, yoga, terapi teh dan aroma tanaman, program tidur nyenyak, serta mandi di mata air pun bisa dilakukan di sana.

Untuk diketahui, air Gunung Barwangsan mengandung 90 persen mineral alami, seperti sodium. Lalu, ada pula silikon dan vanadium yang bermanfaat bagi kesehatan kulit dan tulang. Dua kandungan ini pun dipercaya dapat membantu penyembuhan diabetes.

Selain aktivitas relaksasi, kamu juga bisa menaiki cable car alias gondola untuk menikmati panorama Balwangsan Mountain. Atraksi ini ramah bagi wisatawan dengan kursi roda, anak-anak, dan lansia.

Hal serupa juga bisa didapat dengan menyambangi Balwangsan Skywalk. Di skywalk tertinggi di Korea Selatan ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan 360 derajat seluruh kawasan pegunungan, termasuk Yongpyong Resort.

Baca juga: Pencinta Hallyu, Ini 4 Kawasan Wisata Ramah Muslim di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

Spa Yeo Yong Guk

Yeo Yong Guk Spa menawarkan perawatan wajah dan tubuh menggunakan bahan tradisional. Yeo Yong Guk Spa menawarkan perawatan wajah dan tubuh menggunakan bahan tradisional.

Ingin relaksasi sekaligus mempercantik diri? Cobalah datang ke Spa Yeo Yong Guk. Di sini, kamu bisa melakukan perawatan wajah dan tubuh secara menyeluruh dengan metode tradisional nan alami dari Dinasti Joseon.

Keunikan tempat spa itu adalah perawatan yang diberikan disesuaikan dengan kondisi fisiologis individu. Hal ini jarang ditawarkan di fasilitas spa lain.

Untuk mengetahui spa yang sesuai, terapis akan melakukan tes O-ring atau Sasang Topology. Dalam tes ini, ibu jari dan telunjuk kanan pengunjung diminta membentuk huruf O. Sementara, jari telunjuk kiri akan meraba berbagai bahan spa yang disiapkan oleh terapis.

Jika bahan yang disentuh cocok dengan tubuh, jari-jari bakal menempel dengan kuat sehingga terapis sulit melepaskan. Sebaliknya, kaitan jari akan melonggar secara otomatis bila bahan tidak sesuai.

Adapun bahan-bahan spa yang digunakan di Spa Yeo Yong Guk terdiri dari seratus tanaman fermentasi alami.

Hal menarik lain yang membedakan Spa Yeo Yong Guk dengan spa lain adalah alat pijat yang digunakan. Spa ini menggunakan tongkat tipis berbahan keramik atau disebut hwasa ketimbang alat laser modern.

Hwasa memiliki ujung runcing yang digunakan untuk menekan dan memijat titik bukaan darah di tubuh dan wajah. Hasilnya terasa sangat menyegarkan, seolah-olah partikel darah yang menggumpal berhasil dilonggarkan.

Selain menawarkan spa dan pijat, Spa Yeo Yong Guk juga mengembangkan produk kosmetik berbahan dasar obat tradisional Korea untuk digunakan dalam spa.

Untuk layanan facial basic berdurasi 50 menit, Spa Yeo Yong Guk mengenakan tarif 90.000 won. Lalu, untuk premium facial and abdominal and back massage body selama 100 menit dibanderol dengan harga 180.000 won. Sementara, full body and facial selama 130 menit, pengunjung harus membayar 250.000 won.

Baca juga: 5 Taman Hiburan Keluarga di Korea Selatan yang Cocok untuk Wisatawan Muslim

Tea Therapy

Terapi teh herbal yang bisa dilakukan di Tea Therapy.Korea Tourism Organization Terapi teh herbal yang bisa dilakukan di Tea Therapy.

Negara-negara di Asia terkenal akan tradisi minum teh, termasuk Korea Selatan. Untuk mencicipi pengalaman teh yang autentik sekaligus sambil relaksasi di negara tersebut, kamu bisa datang ke Tea Therapy.

Ada beragam jenis teh herba dengan deskripsi berbeda yang tersedia di kafe itu. Jika bingung, staf Tea Therapy akan membantu kamu memilih varian yang tepat. Pemilihan teh akan didasari tipe tubuh dan kondisi kesehatan.

Selain the rekomendasi staf, kamu bisa pula mencoba hyang tong yang terdiri dari teh quince dan daun mint. Perpaduan kedua bahan tersebut menghasilkan sajian teh bercita rasa unik. Selain cocok untuk menghangatkan tubuh, minuman ini dipercaya dapat meredakan sakit di belakang mata atau bahu lantaran stres.

Tea Therapy juga memberikan kesempatan bagi pengunjung yang ingin meracik teh sendiri dengan tujuan khusus, seperti antiaging. Namun, untuk dapat melakukan aktivitas ini, kamu perlu reservasi terlebih dahulu.

Sebagai informasi, kafe tersebut memiliki dua cabang. Pertama, di Apgujeong, Seoul. Cabang ini menyediakan program kelas teh.

Jika ingin suasana lebih berkelas, datanglah ke Tea Therapy cabang Haengrang di Samcheong-dong, Seoul. Cabang ini merupakan rumah kelahiran mantan presiden Korea Selatan, Yun Posun, yang dipugar dan terpilih sebagai aset budaya setempat. Karenanya, suasana klasik begitu kental di cabang tersebut.

Menariknya, kedua cabang Tea Therapy itu juga menyediakan layanan footh bath. Jadi, pengunjung bisa merasakan sensasi minum teh sambil berendam kaki.

Untuk mendapatkan perlengkapan dan produk layanan tersebut, termasuk handuk, kamu perlu membayar biaya tambahan 5.000 won.

Baca juga: Pulihkan Fisik dan Mental, Intip Itinerari 5 Hari 4 Malam Wisata Wellness di Korea Selatan

Park Roche Resort and Wellness

Park Roche Resort and Wellness memiliki tiga program relaksasi tubuh dan pikiran. Salah satunya, yoga.Korea Tourism Organization Park Roche Resort and Wellness memiliki tiga program relaksasi tubuh dan pikiran. Salah satunya, yoga.

Park Roche Resort and Wellness berlokasi di Sugam-ri. Nama tempat ini diambil dari legenda Raja Gal dari Maekguk yang pada masa periode Samhan di Korea melarikan diri dari perang dan tertidur pulas di atas batu.

Dikelilingi pemandangan Pegunungan Jeongseon yang indah, Park Roche Resort and Wellness akan memberikan ketenangan melalui program kesehatan yang dimilikinya. Bahkan, kamu bisa mendapatkan pengalaman beristirahat yang baik di tempat ini.

Ada tiga program relaksasi yang bisa disediakan Park Roche Resort and Wellness, yakni Body Full, Mind Full, dan Spirit Full.

Body Full sendiri terdiri dari yoga dan workout, seperti fitness dan pilates. Kedua aktivitas tersebut membantu memperbaiki sistem muskuloskeletal dan meningkatkan kualitas tidur.

Sementara, Mind Full merupakan program relaksasi pikiran melalui beberapa pilihan aktivitas terapi. Pertama, art therapy yang meliputi mewarnai, memahat, mengukir, dan membuat herbarium. Kedua, healing touch, yakni pemulihan dari kelelahan luar biasa menggunakan spiky twin roller.

Ketiga, natural movement yang merupakan program relaksasi tubuh serta pikiran sambil mendengarkan musik dan menari sesuai irama. Kemudian, ada pula flora therapy dan wellness cooking class.

Untuk Spirit Full, relaksasi dilakukan melalui latihan pernapasan dan meditasi suara menggunakan mangkuk bernyanyi.

Di Park Roche Resort and Wellness juga tersedia Sugam Lab. Fasilitas pemeriksaan kesehatan ini melayani uji tekanan darah, InBody test, dan uji sistem saraf otonom. Perawat di sana memiliki spesialisasi yoga dan meditasi.

Baca juga: Manjakan Pasien, Berikut Alasan Korea Selatan Jadi Pilihan Tepat untuk Wisata Medis

Untuk dapat mengikuti program relaksasi di resor tersebut, wisatawan perlu melakukan reservasi terlebih dahulu.

Itulah empat destinasi wellness tourism yang bisa dikunjungi di Korea Selatan. Bagi yang sudah jenuh dengan kesibukan rutinitas, persiapkan diri sekarang untuk berlibur ke sana.

Sembari mempersiapkan liburan, kamu bisa mengikuti kompetisi menari Be Well Friends Dance Challenge di Instagram Reels. Challenge ini menyediakan hadiah berupa voucer belanja sebesar Rp 500.000 buat 10 reels terbaik. Informasi selengkapnya, silakan kunjungi tautan ini.

 

 

 


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.