BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Korea Tourism Organization

Simpan Dulu Liburan Kemudian, Berikut 5 Destinasi Wisata Ramah Muslim di Korea Selatan

Kompas.com - 17/09/2021, 16:27 WIB
Ilustrasi berwisata ke Korea Selatan. Shutterstock/Olesya KuznetsovaIlustrasi berwisata ke Korea Selatan.

KOMPAS.com - Bagi pelancong muslim, berlibur ke negara yang berpenduduk mayoritas nonmuslim kerap menimbulkan rasa waswas tersendiri. Namun, seiring waktu, negara-negara yang kerap menjadi tujuan wisata itu akhirnya menyesuaikan diri.

Salah satunya, Korea Selatan. Di sana, berbagai fasilitas penunjang kebutuhan wisatawan muslim disediakan, seperti masjid, musala, dan rumah makan halal.

Berdasarkan Mastercard-CrescentRating Global Travel Muslim Index 2019, Korea Selatan berada di peringkat ke-8 sebagai negara non-anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang menjadi destinasi wisata pilihan turis muslim.

Temuan itu semakin mendorong Negeri Ginseng untuk terus berbenah di sektor pariwisata dengan menghadirkan paket wisata ramah muslim.

Nah, berikut lima rekomendasi destinasi wisata ramah muslim di Korea Selatan. Simpan saja dulu sebagai referensi liburan nanti.

Baca juga: Korea Selatan Terima Turis yang Sudah Divaksin Tanpa Karantina

Hamparan bunga canola di Pulau Jeju.Shutterstock/CJ Nattanai Hamparan bunga canola di Pulau Jeju.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pulau Jeju

Pulau yang terletak di sebelah selatan Semenanjung Korea ini terkenal akan keelokan alamnya. Salah satunya, pemandangan cantik dari bunga-bunga kanola yang bermekaran, terutama saat musim semi.

Pengalaman berlibur di pulau ini terasa semakin menyenangkan bila kamu menyempatkan diri berburu sunrise di Seongsan Ilchulbong atau kawah Gunung Seongsan. Tidak hanya menikmati matahari terbit, di lokasi ini kamu juga bisa menyaksikan pemandangan sekitar pulau.

Meski matahari di kawah Gunung Seongsan terik, kamu tak perlu khawatir. Pasalnya, udara di Pulau Jeju terbilang cukup dingin dan berangin.

Selain punya lanskap yang indah, Pulau Jeju yang masuk ke dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO juga ramah bagi wisatawan muslim. Tak sulit menemukan restoran halal di pulau ini.

Bagi kamu yang ingin menikmati sajian khas Korea Selatan, terutama hidangan laut, kamu bisa menuju restoran Yongduam Badanghoe Guksu, Jeju Daege Hoe Town, atau CocoMama. Ketiganya merupakan restoran ramah muslim.

Baca juga: Korea Selatan akan Buka Travel Bubble dengan Tiga Negara Ini

Sementara, bagi yang ingin menyantap hidangan Timur Tengah, kamu dapat menyambangi Asalam Restaurant atau Wardah Restaurant. Masakan yang disajikan punya rasa autentik sehingga populer di kalangan muslim di Pulau Jeju.

Pemandangan Gyeongbokgung Palace.Shutterstock/chaiphotographer Pemandangan Gyeongbokgung Palace.

Gyeongbokgung Palace

Destinasi wisata ramah muslim selanjutnya adalah Gyeongbokgung Palace yang berada di sebelah utara kota Seoul. Istana ini termasuk dari lima istana besar yang dibangun oleh Dinasti Joseon. Tepatnya, pada 1394 dengan Jeong Do-jeon sebagai arsiteknya.

Berada di lokasi ini membuat kamu seakan hidup di zaman kerajaan Korea. Kamu pun bisa belajar banyak tentang sejarah dan perkembangan dinasti di Korea Selatan.

Selain itu, kamu juga bisa menjajal hanbok, yakni pakaian tradisional Korea. Modelnya yang tertutup menjadikan pakaian tersebut pas digunakan oleh hijaber.

Usai puas menyusuri istana, kamu bisa mengunjungi Halal Kitchen untuk mengisi perut atau sekadar menghilangkan dahaga. Lokasinya kurang lebih 600 meter dari Gyeongbok Palace. Pemilik sekaligus koki restoran, Hassan Lee, merupakan seorang muslim Korea.

Beragam menu khas Korea tersedia di Halal Kitchen, seperti tteokbokki, dakgalbi, dan bulgogi. Ada pula galbi jjim berbahan tulang rusuk domba atau daging iga sapi yang dimasak bersama campuran saus pedas atau kecap.

Baca juga: 5 Aktivitas Wisata saat Berkunjung ke Pohang, Korea Selatan

Selain punya sajian menggugah selera, rumah makan itu juga punya musala yang bisa dimanfaatkan wisatawan muslim untuk beribadah. Jika kamu tak ingin makan di tempat, restoran tersebut pun menyediakan layanan take away dan pesan antar.

Sebagai informasi, Halal Kitchen beroperasi setiap hari dari pukul 12.00 siang hingga 08.00 malam, dengan jam istirahat pada pukul 03.00 hingga 05.00 sore. Kisaran harga makanan di restoran ini dipatok mulai dari 9.050 won sampai 13.082 won atau setara Rp 110.000-159.000.

Pulau Nami saat musim gugur.Shutterstock/chaiphotographer Pulau Nami saat musim gugur.

Pulau Nami

Lokasi syuting serial drama Korea Selatan, Winter Sonata, ini juga menjadi destinasi wisata ramah muslim. Tak sulit menemukan restoran yang menyajikan menu halal di sini. Salah satunya, Asian Family Restaurant Dongmoon.

Restoran yang berada tak jauh dari gerbang masuk Pulau Nami ini menyajikan hidangan dari berbagai negara, mulai dari Korea, China, Vietnam, hingga Melayu.

Untuk sajian khas Korea, kamu bisa mencoba Mongolian beef barbeque atau bulgogi yang menjadi menu andalan restoran tersebut.

Restoran lain di Pulau Nami yang halal lain yang menyajikan menu halal, yaitu Kko Kko Chuncheon Dakgalbi. Lokasinya berada dekat dermaga pulau.

Rumah makan tersebut terkenal dengan dakgalbi, sajian yang terdiri dari tteokbokki, ayam yang diasinkan, dan kubis. Bahkan, kerap jadi rekomendasi di kalangan pelancong di sana.

Kalau perut sudah terisi, kamu pun bisa leluasa menyusuri Pulau Nami. Ada beragam cara untuk menikmati keindahan tempat ini.

Salah satunya, dengan bersepeda atau menaiki fasilitas Sky Bike. Opsi kedua terbilang lebih menyenangkan, apalagi jika berkunjung saat musim semi. Kamu bisa menyaksikan pohon warna-warni dari atas.

Baca juga: Wisata ke Korea Selatan, Ketahui 5 Hal Ini

Bagi penyuka kegiatan ekstrem, cobalah untuk menjajal Zip Wire, semacam flying fox dengan jarak 940 meter dan waktu tempuh 1 menit 20 detik.

Sementara, bagi pencinta seni dan kerajinan, silakan datang ke pusat kerajinan tangan yang ada di Pulau Nami. Di sana, kamu bisa mencoba membuat kerajinan dari tanah liat sendiri, lho.

Itaewon Grand Mosque.Shutterstock/norazaminayob Itaewon Grand Mosque.

Itaewon Grand Mosque

Itaewon Grand Mosque merupakan masjid terbesar sekaligus menjadi bukti eksistensi muslim di Korea Selatan. Sesuai namanya, tempat ibadah yang dibangun pada 1974 ini berada di kawasan Itaewon. Tepatnya di distrik Yongsan-gu.

Lokasi tempat masjid berdiri merupakan tanah tinggi seperti bukit. Karena itu, pengunjung harus menapaki 28 anak tangga untuk masuk ke dalamnya.

Dari halaman masjid, pengunjung bisa melihat pemandangan sekitar kota dan Sungai Han yang bermuara ke Laut Kuning.

Karena memiliki pemandangan yang indah, Itaewon Grand Mosque tak lagi sekadar tempat beribadah, tapi juga destinasi wisata, baik bagi wisatawan muslim maupun nonmuslim.

Namun, untuk menjaga kesucian, pengelola masjid mengeluarkan aturan tata cara berbusana yang sopan bagi para pengunjung.

Baca juga: Unik, Ada Pulau Berwarna Ungu di Korea Selatan

Tentunya tak sulit menemukan kuliner halal di lokasi ini. Sepanjang jalan menuju masjid, kamu bisa menemukan beragam restoran halal.

Contohnya, Itaewon Kitchen, Kervan, Mr Kebab, Murree Tandoori and Curry, Siti Sarah, dan Salam.

Pemandangan area sekitar Namsan Tower saat malam hari.Shutterstock/monotrendy Pemandangan area sekitar Namsan Tower saat malam hari.

Namsan Tower

Liburan ke Korea Selatan belum lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Namsan Tower alias Menara Seoul. Apalagi, kota ini termasuk kawasan ramah muslim.

Dari atas menara, kamu bisa menikmati pemandangan Kota Seoul yang dijejali gedung pencakar langit. Saat malam hari, kilau cahaya lampu dari bangunan tersebut menjadikan Seoul tampak begitu cantik. Momen ini tentu sangat sayang jika dilewatkan.

Buat urusan kuliner, kamu tak perlu khawatir karena Seoul sendiri memiliki beragam tempat makan halal. Salah satunya bisa ditemukan di daerah Gangnam. Di sini, kamu bisa menemukan Yang Good, restoran yang menjual menu barbeque daging domba khas setempat.

Selain itu, kuliner halal juga tersedia di Busan Jib Restaurant dan Pizza Chicken and Kampungku yang berada dekat pusat perbelanjaan Myeong-dong.

Bicara soal restoran halal, sebenarnya Korea Selatan punya banyak. Informasi tersebut dimuat dalam e-catalogue yang bisa diakses pada tautan ini.

Baca juga: 5 Obyek Wisata Ramah Keluarga di Korea Selatan, Ada COEX Mall

Selain lewat katalog tersebut, informasi serupa juga bisa diperoleh lewat perhelatan Halal Restaurant Week yang berlangsung sejak 1 September hingga 31 Oktober 2021.

Untuk diketahui, Halal Restaurant Week merupakan acara tahunan yang diinisiasi Korea Tourism Organization (KTO) untuk memperkenalkan restoran bersertifikasi halal di Korea Selatan kepada wisatawan mancanegara.

Namun, mengingat situasi pandemi, Halal Restaurant Week 2021 digelar secara virtual melalui kanal YouTube Wow Korea dan akun TikTok Imagine Your Korea.

Tak hanya mendapat rekomendasi restoran halal, partisipan Halal Restaurant Week 2021 juga akan diajak jalan-jalan virtual ke berbagai tempat wisata terkenal di Negeri Ginseng.

Sebagai panduan untuk wisatawan, Korea Selatan menggolongkan restoran ramah muslim berdasarkan empat kategori.

Pertama, halal-certified, yaitu restoran yang sudah memperoleh sertifikasi halal dari Korea Muslim Federation (KMF) dan memiliki minimal satu staf atau juru masak muslim.

Kedua, self-certified yang berarti pemilik restoran adalah seorang muslim. Restoran ini pun hanya menyajikan makanan dan minuman halal yang disertifikasi oleh pemilik restoran itu sendiri.

Serupa dengan halal-certified, restoran ramah muslim kategori self-certified juga wajib punya setidaknya satu staf atau juru masak muslim.

Baca juga: Jalan-jalan Virtual ke Korea Selatan Bersama Feel the Rhythm of Korea Bagian 2

Ketiga, muslim-friendly. Restoran yang termasuk kategori ini menjual minuman beralkohol, tapi tetap menyajikan makanan halal.

Jika restoran dalam kategori tersebut juga menyajikan makanan nonhalal, penyimpanan bahan makanan dan peralatan yang digunakan untuk memasak maupun menyajikan makanan wajib dipisah.

Meski menyajikan makanan nonhalal, restoran kategori muslim-friendly tetap tidak boleh menjual makanan yang mengandung daging babi.

Terakhir, pork-free. Restoran kategori ini tidak menawarkan menu halal, tetapi tidak menggunakan daging babi dalam menunya, serta masih menjual alkohol.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Halal Restaurant Week 2021, kamu dapat mengunjungi laman KTO melalui tautan ini.

 

 


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Rute Menuju Tol Kahyangan Bawang-Dieng dari Kecamatan Bawang, Batang

Rute Menuju Tol Kahyangan Bawang-Dieng dari Kecamatan Bawang, Batang

Jalan Jalan
4 Tips Berwisata ke Curug Cukuluwung Bogor, Wajib Cek Ramalan Cuaca

4 Tips Berwisata ke Curug Cukuluwung Bogor, Wajib Cek Ramalan Cuaca

Travel Tips
7 Oleh-oleh Khas Bandar Lampung, Kopi Duren hingga Abon Jamur

7 Oleh-oleh Khas Bandar Lampung, Kopi Duren hingga Abon Jamur

Jalan Jalan
Tempat Wisata Dekat Angkringan Griyo Aji Somo Wonogiri, Ada Bali Lainnya

Tempat Wisata Dekat Angkringan Griyo Aji Somo Wonogiri, Ada Bali Lainnya

Jalan Jalan
Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam di Palu, Pantai sampai Sumur Raksasa

Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam di Palu, Pantai sampai Sumur Raksasa

Itinerary
3 Aktivitas Seru di Curug Cikuluwung Bogor, Berburu Foto Keren

3 Aktivitas Seru di Curug Cikuluwung Bogor, Berburu Foto Keren

Jalan Jalan
Fasilitas di Curug Cikuluwung Bogor, Ada Jaringan WiFi dan Area Kemah

Fasilitas di Curug Cikuluwung Bogor, Ada Jaringan WiFi dan Area Kemah

Jalan Jalan
Curug Cikuluwung, Wisata Dua Air Terjun di Bogor

Curug Cikuluwung, Wisata Dua Air Terjun di Bogor

Jalan Jalan
4 Tips Menginap di La' Ranch Glamping Adventure Pekalongan, Harus Reservasi

4 Tips Menginap di La' Ranch Glamping Adventure Pekalongan, Harus Reservasi

Travel Tips
Masuk 50 Desa Wisata Terbaik, Desa Wisata Selasari Pangandaran Andalkan Wisata Alam

Masuk 50 Desa Wisata Terbaik, Desa Wisata Selasari Pangandaran Andalkan Wisata Alam

Jalan Jalan
Maroko Cabut Bebas Visa WNI, Harga Paket Wisata Jadi Lebih Mahal

Maroko Cabut Bebas Visa WNI, Harga Paket Wisata Jadi Lebih Mahal

Travel Update
Hotel dan Paket Wisata Belum Dipesan Turis Asing, Ini Kata Pelaku Pariwisata

Hotel dan Paket Wisata Belum Dipesan Turis Asing, Ini Kata Pelaku Pariwisata

Travel Update
Indonesia Sudah Terima Turis Asing, tetapi Belum Ada yang Beli Paket Wisata

Indonesia Sudah Terima Turis Asing, tetapi Belum Ada yang Beli Paket Wisata

Travel Update
Maskapai di Selandia Baru Ubah Pesawat Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19

Maskapai di Selandia Baru Ubah Pesawat Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19

Travel Update
Dari Sekadar Penghangat hingga Jadi Simbol Budaya, Berikut Kisah tentang Ulos

Dari Sekadar Penghangat hingga Jadi Simbol Budaya, Berikut Kisah tentang Ulos

BrandzView

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.