Kompas.com - 09/12/2021, 16:04 WIB

 

KOMPAS.com – Sebanyak lima desa wisata rintisan berhasil memenangkan kompetisi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang telah resmi berakhir pada 7 Desember 2021 setelah dimulai pada 7 Mei 2021.

Melansir Kompas.com, Selasa (7/12/2021), lima desa itu memenangkan kategori Desa Wisata Terbaik kategori Desa Wisata Rintisan dalam lomba yang dihelat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Masing-masing desa wisata tersebut memiliki pesona dan daya tarik wisatanya tersendiri yang patut diketahui masyarakat luas.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum pesona lima desa wisata rintisan terbaik versi ADWI 2021, Kamis (9/12/2021):

Baca juga:

1. Desa Wisata Kampung Blekok, Jawa Timur

Desa Wisata Kampung Blekok berlokasi di Kabupaten Situbondo. Tepatnya di Krojan Barat, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit.

Salah satu tujuan wisata di Situbondo ini menawarkan kawasan konservasi mangrove atau bakau yang memiliki ribuan burung air. Beberapa di antaranya adalah burung blekok dan burung kuntul.

Jika ingin mengikuti kegiatan penangkaran dan penangkapan burung air, merawat burung yang sakit, atau pelepasan burung dari penangkaran, wisatawan bisa berkunjung ke penangkaran burung blekok.

Jogging track yang dibangun di kampung blekok Dusun Pesisir Desa Klatakan Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo  Kompas.com/Bagus Supriadi Jogging track yang dibangun di kampung blekok Dusun Pesisir Desa Klatakan Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo

Tempat wisata ini juga memiliki bentang alam yang indah dilengkapi pemandangan gunung dan laut. Wisatawan bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam di Kampung Blekok.

Untuk oleh-oleh, pengunjung bisa beli dan cicipi makanan khas dari daun bakau atau tepung biji bakau, serta beragam produk kerajinan, seperti alat musik dan kain batik khas Situbondo.

2. Desa Wisata Pandanrejo, Jawa Tengah

Desa Wisata Pandanrejo berlokasi di Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Salah satu tujuan wisata di Pulau Jawa ini menawarkan pemandangan yang unik.

Pasalnya, wisatawan yang berkunjung bisa menikmati indahnya Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet dari gardu pandang di salah satu spot wisata Pandanrejo yaitu Gunung Gajah.

Usai dari Gunung Gajah, wisatawan bisa langsung menuju Bukit Sebutrong. Bukit batu ini unik karena memiliki bentuk seperti gajah.

Bukit Sebutrong tersusun dari batuan kristal (watu lintang) dan batuan kapur (watu gamping). Wisatawan yang berkunjung dapat melihat batu durian, ombak, dan juga matahari terbenam.

Selain itu, pengunjung yang wisata di Desa Wisata Pandanrejo dapat menikmati seni tari bernama incling wedhus yang sudah menjadi daya tarik tersendiri sejak 1930-an.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.