Kompas.com - 11/12/2021, 13:01 WIB
Ilustrasi bandara DOK.Pixabay/Geraldfriedrich2 Geraldfriedrich2Ilustrasi bandara DOK.Pixabay/Geraldfriedrich2

KOMPAS.com - Tak banyak yang tahu, para penumpang pesawat sebaiknya memotret barang bawaan sebelum melakukan penerbangan.

Seorang traveller yang biasa melakukan perjalanan udara bernama Sarvakhgyan Santhaunam menuliskan di Quora, pandangannya mengenai alasan para penumpang dianjurkan untuk memotret barang bawaan mereka sebelum masuk pesawat, mengutip dari The Sun.

Tips ini disebut bisa meminimalkan risiko kesulitan jika seandainya koper atau barang bawaan lain di bagasi bandara hilang.

Baca juga:

Penumpang disarankan agar setiap sebelum perjalanan penerbangan memotret koper atau barang bawaan yang akan dimasukkan ke dalam bagasi pesawat.

Sebaiknya, foto barang bawaan ini diambil dari empat sudut berbeda di smartphone untuk memperjelas detail bendanya.

Pasalnya, ada kemungkinan besar penumpang pesawat bisa sewaktu-waktu kehilangan bagasi mereka, baik koper maupun benda lainnya. Apalagi di saat musim-musim liburan yang ramai oleh wisatawan dan tingkat aktivitas bandara sangat tinggi.

Jika kehilangan barang, penumpang harus melaporkan kepada otoritas bandara di bagian khusus “bagasi hilang”.

Baca juga: Info Lengkap Ketentuan Bagasi Garuda Indonesia Tahun 2021

Langkah yang dilakukan pertama kali tentu saja penumpang tersebut akan diminta untuk memberikan deskripsi seperti apa bentuk luar dan isi dari bagasinya.

Ilustrasi koper. PIXABAY/IVABALK Ilustrasi koper.

Memang, hampir sebagian besar penumpang mengetahui isi koper atau tas mereka. Namun, mereka tidak mampu memberikan deskripsi yang jelas mengenai tampilan luarnya.

Kalau hanya menyebutkan deskripsi standar seperti misalnya “koper hitam besar merek X”, kemungkinan besar pihak otoritas bandara akan sedikit kesulitan melacaknya. Ini disebabkan karena ada ratusan hingga ribuan koper hitam besar dengan merek yang sama di bandara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.