Kompas.com - 17/12/2021, 20:37 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tidak setiap kendaraan diperbolehkan masuk kawasan Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta, pada malam pergantian tahun, 31 Desember 2021.

Hanya kendaraan dengan nomor pelat ganjil yang diperbolehkan memasuki kawasan tersebut, sementara kendaraan dengan nomor pelat genap bisa mencari alternatif pantai wilayah barat atau daerah wisata lainnya di Bantul.

"Terkait ganjil genap, mereka masyarakat biar enggak kaget, pantai Parangtritis hari (malam pergantian tahun) ini ganjil sehingga bagi yang punya kendaraan genap enggak usah ke sana," kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan kepada wartawan di Bantul Jumat (17/12/2021).

Baca juga:

Beberapa destinasi wisata lain yang dapat dijadikan alternatif bagi pemilik kendaraan dengan nomor pelat genap, kata Ihsan, antara lain Pantai Samas, Pantai Pandansimo, dan kawasan wisata Mangunan di Kapanewon Dlingo.

Untuk memperlancar mobilitas warga, pihaknya akan menempatkan personil untuk menginformasikan warga bahwa tentang aturan ini, seperti di simpang tiga Tembi, simpang empat Manding, dan simpang empat Bakulan.

Selain itu, pihaknya juga akan membentuk tim urai kemacetan. Kepolisian juga berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengantisipasi atau mengurai kemacetan yang mungkin terjadi di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Parangtritis.

"Kami bentuk tim urai lalu lintas bila terjadi kemacetan narik kendaraan biar berjalan lancar, apabila terjadi kemacetan tak semua dipunguti retribusi, lihat situasi dan kondisi saja," ucap Ihsan.

Sementara itu, Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi menyampaikan pengalaman sebelumnya, di mana jika terjadi kemacetan maka TPR akan dibuka dan semua kendaraan dipersilakan masuk tanpa membayar.

Namun, jika sudah tidak ada kepadatan, retribusi akan kembali ditarik.

"Jika tidak ada kepadatan, penarikan retribusi kembali dilakukan, seperti itu," ucap Markus.

Baca juga:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.