Kompas.com - 06/01/2022, 13:32 WIB
Sebagian orang mungkin bertanya-tanya kenapa bagian jendela pesawat memiliki lubang kecil
SHUTTERSTOCK/SIPPAKORNSebagian orang mungkin bertanya-tanya kenapa bagian jendela pesawat memiliki lubang kecil

KOMPAS.com - Saat duduk di dekat jendela di dalam pesawat, mungkin ada penumpang yang menyadari keberadaan sebuah lubang kecil di bagian bawah jendela.

Melansir dari CN Traveler pada Rabu (5/12/2021), ternyata lubang tersebut memiliki fungsi yang penting saat penerbangan. 

Lubang tersebut bukanlah dekorasi belaka, namun sebaliknya, keberadaan lubang itu membantu penumpang pesawat agar tetap aman dan nyaman. 

Baca juga: 

Adanya lubang di jendela berhubungan dengan tekanan saat pesawat terbang di ketinggian. 

Semakin tinggi ketinggian pesawat terbang, semakin rendah kadar oksigen dan dapat membuat penumpang merasa sakit serta sesak napas.

Pada ketinggian 35.000 kaki (sekitar 10,6 kilometer), tekanan udara bisa sangat rendah dan dapat membuat seseorang kehilangan kesadaran. Oleh sebab itu, kabin pesawat harus diberi tekanan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan udara luar. 

Ilustrasi pesawat terbang.GETTY IMAGES via BBC INDONESIA Ilustrasi pesawat terbang.

Proses tersebut baik untuk penumpang, namun belum tentu untuk pesawat. Sehingga, lubang tersebut berguna untuk mengatur tekanan udara yang berubah. 

Tidak hanya itu, jendela di pesawat terdiri dari tiga lapisan panel. 

Melansir Slate, Pilot British Airways Mark Vanhoenacker menjelaskan bahwa panel paling dalam digunakan untuk melindungi panel kedua dan ketiga. Keduanya dirancang untuk menahan perbedaan tekanan antara bagian kabin pesawat dengan udara di luar.  

Baca juga:

Lubang tersebut menciptakan keseimbangan antara tekanan di kabin dan celah di antara panel. 

Sehingga penumpang aman dan pesawat pun juga bisa melaju dengan lancar. 

Selain itu, fungsi lainnya dari lubang di jendela pesawat adalah untuk melepaskan kelembaban dan meminimalisasi embun atau kondensasi yang bisa menghalangi pandangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.