Kompas.com - 06/01/2022, 17:13 WIB

KOMPAS.com - Warna putih kerap digunakan sebagai warna badan pesawat, meski ada beberapa pesawat yang dilapisi warna lain mengikuti keputusan maskapai penerbangan. 

Alasan mengapa warna putih dipilih bukan semata-mata hanya untuk tampilan. 

"Pada dasarnya (melapisi badan pesawat dengan warna putih) seperti mengoleskan tabir surya," kata Profesor Aeronautika dan Astronautika dari Institut Teknologi Massachusetts, Amerika Serikat (AS), R. John Hansman, dikutip dari Business Insider.

Hansman melanjutkan, badan pesawat dicat warna putih atau warna terang lainnya guna memantulkan cahaya serta meminimalisasi kerusakan dan panas dari radiasi sinar matahari. 

Selain itu, ada beberapa bagian pesawat yang wajib dilindungi dari sinar matahari, salah satunya yang terbuat dari plastik atau gabungan dari sejumlah material. 

Baca juga:

Hal tersebut cukup penting lantaran pesawat harus berada di ruang terbuka dalam jangka waktu tertentu saat menurunkan dan menaikkan penumpang. 

Tidak hanya itu, menurut Simple Flying, pesawat juga terbang menembus awan yang membuatnya terpapar radiasi UV langsung dari matahari. 

"Tidak ada salahnya untuk mengecat badan pesawat dengan warna lainnya. Namun salah satu hal yang kerap terjadi adalah warna cat akan teroksidasi seiring berjalannya waktu. Jadi, jika sebuah pesawat dicat merah, setelah terkena sinar matahari dan juga kondisi lingkungan, warnanya akan sedikit memutih karena proses oksidasi," jelas Hansman. 

Warna putih juga membantu petugas untuk mengetahui kerusakan di badan pesawat dengan cepat. 

Jika malam tiba atau jika terjadi kecelakaan, badan pesawat yang berwarna putih akan lebih mudah untuk dikenali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.