Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 29/07/2022, 07:47 WIB

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan memiliki aturan bagasi masing-masing, tak terkecuali Lion Air Group. Grup maskapai ini terdiri dari Lion Air (kode penerbangan JT), Batik Air (kode penerbangan ID), dan Wings Air (kode penerbangan IW).

Penumpang wajib memahami aturan bagasi setiap maskapai. Tujuannya agar dapat memperhitungkan berat barang bawaan, mempersiapkan anggaran apabila ada kelebihan bagasi, dan mempercepat proses check-in pesawat.

Baca juga: Aturan Bagasi Pesawat Terbaru dari 7 Maskapai Indonesia

Berikut aturan bagasi pesawat Lion Air, Batik Air, dan Wings Air pada 2022.

Pengertian dan pembagian bagasi

Mengutip situs resmi Lion Air Group, bagasi merupakan barang-barang pribadi, berupa harta benda milik penumpang yang dibawa dalam suatu penerbangan.

Bagasi berguna untuk memenuhi kebutuhan penumpang selama dalam penerbangan maupun tujuan akhir dengan seizin maskapai penerbangan. Ada dua jenis bagasi dalam penerbangan, yakni bagasi kabin dan bagasi tercatat.

Baca juga: Powerbank dan Benda Lainnya yang Dilarang Dibawa ke Bagasi Pesawat

Bagasi kabin merupakan barang atau benda milik penumpang yang boleh dibawa ke kabin pesawat dan berada dalam pengawasan penumpang sendiri.

Sedangkan, bagasi tercatat adalah barang yang diserahkan penumpang kepada maskapai untuk diangkut dengan pesawat udara yang sama.

Selain kedua jenis bagasi tersebut, penumpang juga harus memahami fasilitas bagasi cuma-cuma (free baggage allowance) dan kelebihan bagasi (extra baggage).

Selain itu, Lion Air Group menyediakan layanan bagasi prabayar (prepaid baggage) bagi penumpang. Masing-masing jenis bagasi tersebut akan diulas pada pembahasan di bawah ini.

Aturan free baggage allowance

Bagasi cuma-cuma (free baggage allowance) merupakan kuota bagasi dengan jumlah tertentu yang diberikan kepada penumpang pesawat terbang, sesuai tiket maskapai penerbangan yang dibeli.

Ilustrasi garis di sepanjang tempat bagasi pesawat yang bisa dipakai berpegangankapulya Ilustrasi garis di sepanjang tempat bagasi pesawat yang bisa dipakai berpegangan

Sesuai namanya, kuota tersebut tidak berbayar alias gratis. Konsep bagasi cuma-cuma yang digunakan Lion Air Group adalah weight concept, yaitu memberikan kuota bagasi secara cuma-cuma berdasarkan berat bagasi tertentu.

Mengutip situs Lion Air Group, kuota bagasi cuma-cuma Lion Air Group per 29 Juli 2022 adalah sebagai berikut:

  • Maskapai Lion Air (JT), kelas ekonomi penerbangan domestikdan internasional sebesar 20 kilogram (kg).
  • Maskapai Batik Air (ID), kelas ekonomi penerbangan domestik dan internasional 20 kg.
  • Batik Air untuk kelas bisnis pada penerbangan domestik dan internasional, mendapatkan kuota bagasi cuma-cuma sebesar 30 kg.
  • Wings Air tidak memberikan kuota bagasi cuma-cuma.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Aturan extra baggage Lion Air Group

Apabila bagasi penumpang melebihi ketentuan bagasi cuma-cuma, maka akan dihitung sebagai kelebihan bagasi (extra baggage).

Kelebihan bagasi akan dikenai biaya sesuai dengan berat aktual pada saat check-in di bandara. Tarifnya berbeda-beda bergantung dengan maskapai dan rute penerbangan penumpang.

Rincian tarif extra baggage terbaru untuk maskapai Lion Air dapat dilihat melalui link ini. Tarif extra baggage berada pada kolom EBT atau Excess Baggage Ticket sesuai dengan rute penerbangan penumpang.

Baca juga: Kursi Roda dan Benda Lainnya yang Gratis Masuk Bagasi Pesawat

Sementara, tarif extra baggage untuk maskapai Batik Air dapat dicek pada tautan ini. Kemudian, maskapai Wings Air mengenakan tarif bagasi yang dapat dilihat di sini.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+