Kompas.com - 27/02/2022, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Uni Emirat Arab mencabut aturan wajib menggunakan masker di ruang terbuka atau outdoor.

Pengumuman tersebut disampaikan melalui Otoritas Nasional untuk Manajemen Darurat, Krisis, dan Bencana (NCEMA), Jumat (25/02/2022).

Meski begitu, aturan penggunaan masker wajah tetap diwajibkan untuk aktivitas di ruang tertutup.

Aturan baru tersebut mulai berlaku Sabtu (26/02/2022).

"Mengenakan masker wajib di ruang publik dalam ruangan (indoor) dan opsional di luar ruangan," demikian kutipan isi pengumuman tersebut, seperti dikutip Kompas.com dari situs resminya, Minggu (27/02/2022).

NCEMA menjelaskan, ini adalah bagian dari upaya pemulihan berkelanjutan di tingkat negara dengan latar belakang berlanjutnya berbagai kegiatan agar kembali normal secara nasional, namun tentunya dengan tetap menjaga protokol kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Di samping itu, untuk sektor ekonomi dan pariwisata, aturan jaga jarak juga sudah dicabut.

Baca juga:

Sementara aturan Green Pass atau menunjukkan hasil tes PCR negatif dalam maksimal 96 jam tetap dilanjutkan. Green Pass tersebut dibutuhkan jika individidu hendak menghadiri acara, pameran, dan aktivitas lokal.

"Otoritas meminta semua anggota masyarakat untuk bekerja sama dan mematuhi langkah-langkah pencegahan untuk menghadapi Covid-19, demi mempertahankan keuntungan yang kita saksikan hari ini dalam hal pemulihan, manajemen krisis, serta kesehatan dan keselamatan masyarakat yang komprehensif," tuturnya.

Al Reem Island, Abu Dhabi, UEA.UNSPLASH/Kamil Rogalinski Al Reem Island, Abu Dhabi, UEA.

Selain aturan penggunaan masker, pelonggaran aturan jaga jarak, dan penggunaan Green Pass, beberapa aturan baru lain yang disampaikan dalam pengumuman tersebut antara lain:

  • Membatalkan syarat karantina untuk kontak Covid-19. Kontak Covid-19 yang bekerja pada semua sektor harus melakukan tes PCR setiap hari, selama lima hari.
  • Pelancong yang masuk ke UEA harus menunjukkan kode QR yang diseujui dan sertifikat vaksinasi Covid-19 berisi kode QR.
  • Pelancong yang belum divaksinasi harus menunjukkan hasil tes PCR negatif yang diterima dalam waktu 48 jam atau sertifikat pemulihan yang disertai kode QR, yang diperoleh dalam waktu satu bulan dari tanggal perjalanan.
  • Pelancong yang berangkat dari UEA harus mematuhi syarat pemeriksaan medis dan vaksinasi yang berlaku di negara tujuan.
  • Pasien terinfeksi Covid-18 tidak lagi memakai gelang, namun protokol isolasi tetap sama.
  • Mengembalikan jeda waktu pra-pandemi antar-adzan dan iqamah serta Al-Quran boleh ditaruh kembali di masjid-masjid, semuanya dengan syarat dilakukan sterilisasi setiap selesai sholat.
  • Memberlakukan jarak satu meter antara jamaah di masjid saat beribadah.
  • Semua aktivitas olahraga untuk semua umur dapat beroperasi kembali, dengan tetap menunjukkan Green Pass.

Baca juga:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.