Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2022, 07:03 WIB

KOMPAS.com - Seminggu setelah berlakunya pelonggaran syarat perjalanan, trafik penumpang di 15 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (AP I) meningkat. 

Adapun pelonggaran syarat tersebut tercantum dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 21 tahun 2022, yang berlaku sejak Selasa (8/3/2022) lalu.

Sejak 8 - 14 Maret, AP I tercatat telah melayani sebanyak 761.234 penumpang, dengan peningkatan trafik penumpang mencapai 20 persen dibanding periode 1 - 7 Maret, yang melayani 631.271 penumpang, di 15 bandara yang dikelola.

Baca juga:

Sementara itu, untuk trafik pesawat pada 8 - 14 Maret, AP I mencatat 7.208 pergerakan pesawat. Jumlah tersebut meningkat sembilan persen jika dibandingkan periode 1 - 7 Maret, yang melayani 6.610 pergerakan pesawat.

Bandara Adisutjipto Yogyakarta alami kenaikan jumlah penumpang tertinggi

Suasana Bandara Internasional Adisutjipto di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (26/1/2018). Pihak PT Angkasa Pura I menyebut bandara ini sudah melebihi kapasitas yang seharusnya, sehingga untuk meningkatkan pelayanan dibutuhkan bandara baru bernama New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo.KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Suasana Bandara Internasional Adisutjipto di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (26/1/2018). Pihak PT Angkasa Pura I menyebut bandara ini sudah melebihi kapasitas yang seharusnya, sehingga untuk meningkatkan pelayanan dibutuhkan bandara baru bernama New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo.

Bandara Adisutjipto Yogyakarta menjadi bandara yang mengalami kenaikan jumlah penumpang tertinggi setelah pemberlakuan aturan perjalanan baru.

Bandara ini dilaporkan telah melayani 2,197 penumpang atau meningkat hingga 33 persen dibandingkan pekan sebelumnya yang melayani 1.650 penumpang.

Baca juga: Bandara Adisutjipto Yogyakarta Bakal Punya Area Mini Golf dan Kafe

Posisi kedua diisi oleh Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang melayani 22.216 penumpang. Jumlah tersebut mengalami kenaikan hingga 29 persen jika dibandingkan pekan sebelumnya yang melayani 17.181 penumpang.

Di posisi ketiga ada Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali yang melayani 118.319 penumpang, atau meningkat hingga 28 persen jika dibandingkan pekan sebelumnya, yang melayani 91.789 penumpang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+