Kompas.com - 24/03/2022, 05:07 WIB

KOMPAS.com - Malaysia akan membuka perbatasan pintu masuk negaranya, Jumat (01/04/2022), setelah hampir dua tahun ditutup. Para pelancong yang ingin bepergian untuk keperluan wisata maupun medis bisa semakin mudah memasuki Negeri Jiran.

Dalam masa periode transisi menuju endemi Covid-19 di Malaysia, para pelancong tidak perlu lagi untuk menjalani karantina. Dengan syarat, wajib sudah vaksinasi dua dosis.

Baca juga:

Chief Executive Officer Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), Mohd Daud Mohd Arif mengatakan, pembukaan perbatasan sepenuhnya pada 1 April berarti berbagai rumah sakit dan perjalanan wisata berbasis kesehatan siap menyambut kembali pelancong dari Indonesia.

"Kembali dibukanya perbatasan Malaysia pada Jumat depan, 1 April, akan memberikan kesempatan bagi wisatawan medis untuk menerima perawatan terbaik," ujarnya saat ditemui Kompas.com di Pullman Central Park, Jakarta Barat, Rabu (23/03/2022).

Ia menambahkan, tak hanya bagi wisatawan medis yang ingin berobat, tersedia juga paket-paket wisata berbasis kesehatan yang ditujukan untuk pelancong yang sekedar ingin melakukan health screening (pemeriksaan kesehatan).

"Ada juga paket-paket untuk orang-orang yang menemani wisatawan medis, atau yang tidak ada penyakit tapi ingin medical check-up atau health screening," tambahnya.

Salah satu contohnya adalah paket 10 hari 9 malam berwisata di Langkawi. Dalam paket tersebut, pelancong dapat mengunjungi tempat-tempat wisata sekaligus mengecek kesehatan mereka secara menyeluruh di rumah sakit yang tersedia.

Jika hasilnya ternyata ada suatu penyakit maupun tidak ada penyakit, para pelancong tetap bisa melanjutkan wisata di Malaysia. Namun, untuk yang ternyata memiliki keluhan, akan diberikan perawatan tertentu.

Baca juga:

Syarat memasuki Malaysia

Menara Kembar Petronas, Kuala Lumpur, Malaysia.PEXELS/ZUKIMAN MOHAMAD Menara Kembar Petronas, Kuala Lumpur, Malaysia.

Meski bebas karantina, pelancong yang memasuki Malaysia tetap diharuskan mengikuti syarat pengujian tes Covid-19 untuk memastikan keamanan dan kenyamanan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.