Kompas.com - 30/03/2022, 16:05 WIB

BORONG, KOMPAS.com - Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak hanya memiliki wisata pantai, tapi juga wisata air panas

Beberapa tempat wisata air panas yang ramai dikunjungi adalah Soa dan Nage di Kabupaten Ngada, yang bertetangga dengan Kabupaten Manggarai Timur. Kedua tempat wisata tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan Nusantara (wisnus dan wisatawan mancanegara (wisman).

Di Kabupaten Manggarai Timur, baru ada dua tempat wisata air panas yang didata, yakni Rana Masak dan Rana Roko di Kecamatan Borong. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur, Silvanus Salman, kepada Kompas.com lewat sambungan telepon, Rabu, (30/3/2022).

Baca juga:

"Kendala (yang) dihadapi untuk berwisata di wisata air panas adalah akses jalan yang belum memadai. Sesungguhnya obyek wisata air panas sangat berpotensi untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal, Nusantara, dan asing. Hanya penataan akses jalannya yang belum memadai," jelas Salman. 

Sementara itu, Kepala Seksi Destinasi, Antonius Cangkung, menjelaskan bahwa ada dua obyek wisata air Panas di Manggarai Timur yang sudah didata oleh dinas, yakni Wisata Air Panas Rana Masak dan Rana Roko.

Terdapat satu tempat lagi yang ramai dikunjungi oleh warga dan anak sekolah, yakni wisata Air Panas Mapos di Wae Tegel, Desa Compang Kempo, Kecamatan Rana Mese.

"Dinas akan mendata obyek wisata air panas di Kabupaten Manggarai Timur, termasuk mendata wisata Air Panas Wae Mapos," jelasnya, saat dihubungi Kompas.com, Rabu.

Adapun berdasarkan pengamatan Kompas.com, tempat wisata air panas di Kabupaten Ngada lebih ramai dikunjungi wisatawan yang hendak mandi, jika dibandingkan dengan tempat wisata air panas di Kecamatan Borong dan Rana Mese. 

Wisata air panas Wae Mapos, Desa Compang Kempo, Kecamatan Rana Mese, Manggarai Timur ramai dikunjungi oleh warga lokal untuk mandi dan masak telur ayam, Rabu,(30/3/2022). (KOMPAS.com)DOK ELDO JEHARU)KOMPAS.com/DOK ELDO JEHARU Wisata air panas Wae Mapos, Desa Compang Kempo, Kecamatan Rana Mese, Manggarai Timur ramai dikunjungi oleh warga lokal untuk mandi dan masak telur ayam, Rabu,(30/3/2022). (KOMPAS.com)DOK ELDO JEHARU)

Obyek wisata di Manggarai Timur buka untuk wisatawan

Salman mengatakan bahwa tempat wisata di Kabupaten Manggarai Timur sudah bisa dikunjungi wisatawan. Hal ini karena kasus Covid-19 di kabupaten tersebut sudah mengalami penurunan. 

"Selama ini obyek wisata di Manggarai Timur sudah bisa dikunjungi wisatawan dengan menurunnya angka kasus Covid-19," jelasnya.

Baca juga:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.