Kompas.com - 08/04/2022, 13:36 WIB

KOMPAS.com - Berwisata ke destinasi dengan beragam pilihan aktivitas bisa ditemukan di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Salah satunya ngabuburit sambil menunggu buka puasa.

Berlokasi di Jalan Raya Bawen - Solo KM 1,5, Kecamatan Bawen, Kampoeng Kopi Banaran berada di area dengan ketinggian 480 sampai 600 meter di atas permukaan laut (dpl) dengan udara sejuk.

Baca juga:

Memiliki luas kurang lebih 400 hektare, pengunjung bisa menikmati berbagai kegiatan menarik bersama keluarga, rekan kerja, sahabat dan juga orang tersayang di hamparan perkebunan kopi ini.

Sebelum berkunjung, ketahui dulu apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di Kampoeng Kopi Banaran.

1. Menikmati panorama sambil berfoto

Banaran Sky View, salah satu resto di Kampoeng Kopi BanaranDok. Kampoeng Kopi Banaran Banaran Sky View, salah satu resto di Kampoeng Kopi Banaran

General Manager Kampoeng Kopi Banaran, Frina Bonita mengatakan, keunikan wisata ini adalah karena posisinya yang dikelilingi tujuh pegunungan, kebun kopi, dan panorama Rawa Pening.

Ketujuhnya adalah Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Baca juga: 10 Tempat Ngopi di Semarang, Ada Kafe dengan Bangunan Benteng

Salah satu tempat yang tepat untuk menikmati panorama cantik ini adalah dari atas restoran Sky View.

"Sky View punya spot-spot foto favorit, bisa makan atau menikmati hidangan unik sekaligus menikmati pemandangan alam yang luar biasa," kata Frina saat Live Instagram bertajuk "Piknik Maya, Staycation di Tengah Kebun Kopi" di akun @kompas.travel pada Jumat (01/04/2022).

Menurutnya, golden hour (momen dengan kondisi pencahayaan terbaik) untuk menikmati pemandangan dan foto-foto di restoran yang mengusung konsep semi modern ini adalah sebelum pukul 09.00 dan di bawah pukul 16.00.

Ia menambahkan, pengunjung disarankan mengambil foto saat golden hour karena pemandangannya akan jelas terlihat. Apalagi, jika mengambil foto di beberapa spot foto populer.

Baca juga: Desa Wisata Lerep, Unggulan Kabupaten Semarang yang Pas Buat Libur Lebaran

2. Bersantai dan mencicipi aneka kuliner di restoran

Tempat makan BBQ Camp di Kampoeng Kopi BanaranDok. Kampoeng Kopi Banaran Tempat makan BBQ Camp di Kampoeng Kopi Banaran

Tak hanya satu, Kampoeng Kopi Banaran memiliki empat restoran dengan ciri khas berbeda.

Pertama, restoran Sky View yang memiliki pemandangan tujuh gunung dan Rawa Pening. Selain cocok untuk menikmati pemandangan dan foto-foto di spot instagramable, pengunjung bisa mencicipi aneka macam kopi di sini.

Selain itu, setiap sore pukul 4-8 malam, ada live music yang bekerjasama dengan anak-anak muda di Semarang.

Kemudian, ada Banaran 9 Resto yang berada di depan kawasan Kampoeng Kopi Banaran, sehingga biasa dijadikan peristirahatan bagi pengguna jalan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Restoran ini memunculkan sisi tradisional baik dari ambience resto, saung di bagian belakang, dan juga menu yang dihidangkan.

Untuk menunya, menyajikan berbagai hidangan tradisional khas Jawa seperti mendoan dan wedang uwuh.

Baca juga: Manfaat Wedang Uwuh untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imunitas

Selanjutnya, ada BBQ Camp yang membawa konsep angkringan atau piknik modern. Dibalut suasana berkemah di alam, pengunjung bisa mencicipi menu barbeque dengan steamboat yang dinikmati selagi hangat.

Terakhir, ada Sky Lounge yang mengangkat sisi eksklusivitas dari Banaran Lounge. Mulai dari bar, outdoor area lounge dengan pemandangan Rawa Pening, dan pelayanan eksklusif yang berbeda dari tiga resto lainnya.

Sky Lounge menawarkan menu-menu ala Western dan Japanese. Di antaranya seperti chicken wings, spaghetti, aneka steak, Japanese Salmon, hingga sushi.

Baca juga: 15 Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.