Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2022, 21:07 WIB
Ulfa Arieza ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hampir setiap negara mempunyai museum yang menjadi tempat wisata, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. 

Dari seluruh museum tersebut, ada sejumlah museum yang paling terkenal di dunia. Predikat ini dapat dilihat dari jumlah kunjungannya.

Dilansir dari The Art Newspaper, secara keseluruhan jumlah pengunjung museum bertambah sepanjang tahun 2021. Data yang dihimpun oleh media dunia seni internasional itu menunjukkan, jumlah pengunjung 100 museum paling terkenal di dunia mencapai 71 juta orang. 

Baca juga: 

Angkanya naik 31,48 persen dibandingkan jumlah pengunjung pada tahun 2020, yakni 54 juta. Meski bertambah, namun jumlah pengunjung museum tersebut masih lebih rendah dari tahun 2019 yang mencapai 230 juta orang.

Berikut adalah museum paling terkenal di dunia, seperti dikutip dari The Art Newspaper. 

1.  Museum Louvre, Perancis 

Penampakan Le Louvre Museum pada siang hari, (9/2016).SHUTTERSTOCK/MANJIK Penampakan Le Louvre Museum pada siang hari, (9/2016).

Museum Louvre atau Musée du Louvre di Paris, Perancis, kembali menempati posisi museum paling terkenal pada 2021. The Art Newspaper mencatat, jumlah pengunjung Museum Louvre mencapai 2,82 juta pada tahun 2021, atau naik lima persen dibandingkan tahun 2020. 

Namun, jumlah pengunjung itu masih jauh di bawah tingkat pra pandemi, yakni 9,6 juta orang pada 2019. Museum Louvre merupakan salah satu ikon wisata di Paris.

Ciri khas museum ini adalah piramida yang terbuat dari struktur kaca dan baja. Dilaporkan Kompas.com, Senin (5/4/2021), Museum Louvre mempunyai sekitar 482.000 koleksi seni, termasuk koleksi paling terkenal adalah lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci. 

Baca juga: Asyik, Seluruh Koleksi Museum Louvre Kini Bisa Diakses Secara Online

2. State Russian Museum, Rusia 

Di posisi kedua ada State Russian Museum yang berada di Saint Petersburg, Rusia. The Art Newspaper mencatat, jumlah pengunjung museum ini hampir 2,26 juta orang pada tahun 2021 lalu. Angka itu naik 88 persen dari jumlah pengunjung pada tahun 2020. 

Mengutip situs resminya, museum terbesar di Rusia ini mempunyai lebih dari 400.000 koleksi yang menampilkan sejarah seni Rusia lebih dari seribu tahun, yakni dari abad X hingga XXI.

Saat ini, luas kompleks museum mencapai lebih dari 30 hektare. Koleksi seni di State Russian Museum ditampung di gedung-gedung dengan arsitektur abad XVIII-XIX, seperti Gedung Mikhailovsky, Stroganov, Istana Marmer, dan Kastil Mikhailovsky.

3. Multimedia Art Museum, Rusia 

Multimedia Art Museum, RusiaDok.https://mamm-mdf.ru/en/museum/info/ Multimedia Art Museum, Rusia

Multimedia Art Museum merupakan museum seni yang menampilkan karya seni dari seniman dan fotografer terkenal, seperti dikutip dari Discover Moscow. Dalam beberapa tahun terakhir, museum ini juga menampilkan pameran seni kontemporer. 

Multimedia Art Museum juga menyediakan tur bagi anak-anak untuk menjelaskan mengenai koleksi museum. Pada akhir pekan, pihak museum menyediakan studio seni. 

The Art Newspaper mencatat jumlah pengunjung museum ini hampir 2,24 juta orang pada 2021 lalu. 

4. Metropolitan Museum of Art, Amerika Serikat

Ilustrasi The Metropolitan Museum of ArtDok. Pixabay/anielbaez0 Ilustrasi The Metropolitan Museum of Art

Museum ini kerap dijadikan lokasi penggalangan dana pesohor papan atas dunia, Metropolitan Museum of Art's Costume Institute Gala atau Met Gala. 

Mengutip dari Kompas.com, Selasa (14/9/2021), ide pembangunan museum di New York, Amerika Serikat (AS), ini justru muncul di Paris pada 1866. 

Pada 13 April 1870, Metropolitan Museum of Art resmi dibuka untuk umum. Pada 20 November 1870, museum ini memperoleh karya pertamanya, yakni sebuah sarkofagus Romawi. 

Setelah itu, karya seni dan artefak budaya dari seluruh dunia pun terus berdatangan dan menjadi koleksi museum. The Art Newspaper mencatat jumlah pengunjung museum ini mencapai 1,95 juta orang pada 2021 lalu.

5. National Gallery of Art, Amerika Serikat

East Building, National Gallery of ArtNational Gallery of Art, Washington, DC East Building, National Gallery of Art

National Gallery of Art berada di Washington D.C, AS. Dilansir dari Travel and Leisure, museum ini menawarkan koleksi dari pelukis, fotografer, dan pematung terkenal di dunia. 

Termasuk di dalamnya adalah karya Leonardo da Vinci, Gordon Parks, dan Monet. Setelah pengunjung puas berkeliling museum, jangan lupa untuk mampir ke Sculpture Garden yang juga memiliki koleksi karya seni. 

The Art Newspaper mencatat jumlah pengunjung museum ini mencapai 1,7 juta orang pada 2021 lalu.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com