Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2022, 18:15 WIB
Desi Intan Sari,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Musim liburan telah tiba, kini saatnya bagi anak-anak pergi berwisata untuk menghilangkan penat. 

Bagi yang sudah bosan berkunjung ke taman hiburan outdoor (luar ruangan) yang saat hujan akan kehujanan dan ketika panas akan kepanasan, tidak ada salahnya memilih menghabiskan waktu liburan untuk pergi ke taman hiburan indoor (dalam ruangan).

Meski berada di dalam ruangan, fasilitas dan wahana yang ditawarkan juga tak kalah seru. Berikut Kompas.com telah merangkum sejumlah taman hiburan indoor yang wajib dikunjungi.

Baca juga: 11 Tempat Wisata di Semarang, Cocok buat Liburan Keluarga

1. Trans Studio 

Trans Studio BandungTRANS STUDIO BANDUNG Trans Studio Bandung

Jika mencari taman hiburan indoor dengan banyak wahana permainan, Trans Studio bisa jadi salah satu pilihan. Taman hiburan ini sudah punya tiga cabang di Indonesia, yakni Bandung, Makassar, dan Cibubur. 

Dilansir dari situs resminya, Trans Studio yang paling besar ada di Bandung, Jawa Barat. Luasnya mencapai 4,2 hektare dan menyatu dengan kawasan Trans Studio Mall Bandung. 

Setidaknya ada 20 wahana permainan dan hiburan yang bisa dicoba. Harga tiket masuknya untuk weekday  (hari biasa) mulai dari Rp 200.000, sedangkan saat weekend (akhir pekan) atau peak season mulai dari Rp 300.000.

Alamatnya ada di Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor 289 A, Cibangkong, Bandung, Jawa Barat. Buka pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Kemudian, ada Trans Studio Cibubur yang punya luas empat hektare, lokasinya ada di  Trans Studio Mall Cibubur. Tepatnya di Jalan Alternatif Cibubur Nomor 230 A, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Wahana yang ditawarkan juga sama seperti Trans Studio Bandung, ada sekitar 20 wahana permainan. Adapun harga tiketnya hingga Minggu (10/7/2022) untuk jenis regular dan VIP  mulai dari Rp 375.000. 

Sementara itu, jam bukanya dimulai pada pukul 10.00 hingga 19.00 WIB. 

Terakhir ada Trans Studio Makassar yang memiliki luas 2,8 hektare serta dilengkapi dengan 22 wahana permainan. Berlokasi di Jalan Metro Tj. Bunga, Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 

Sayangnya Trans Studio Makassar untuk saat ini masih ditutup dan belum ada informasi terbaru terkait kapan akan dibuka kembali. 

Baca juga: 10 Wisata Menarik Tangerang, Pas untuk Liburan Akhir Pekan

2. Jakarta Aquarium & Safari

Private dinner berlatar belakang akuarium di Jakarta Aquarium & Safari, Jakarta Barat.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Private dinner berlatar belakang akuarium di Jakarta Aquarium & Safari, Jakarta Barat.

Jakarta Aquarium & Safari merupakan tempat konservasi hewan sekaligus tempat wisata yang ramah anak. 

Koleksi hewan air dan non-akuatik yang bisa dilihat cukup banyak mencapai 3.500 spesies, dikutip dari situs resminya. 

Salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan adalah memberi makan hewan. Selain itu, tersedia juga pemandu yang akan menjelaskan informasi terkait koleksi hewan yang ada.

Lokasinya ada Jalan Letjen S. Parman Nomor 106, Grogol, Petamburan, Kota Jakarta Barat. Buka pada pukul 10.00 sampai 20.00 WIB. 

Baca juga: 10 Kafe dengan Area Outdoor di Tangerang, Ada yang Bernuansa Jepang

3. KidZania Jakarta

Menjadi pembalap mobil di KIdZania JakartaKompas.com Menjadi pembalap mobil di KIdZania Jakarta

Menurut situs web Jakarta KidZania, tempat ini adalah sebuah theme park anak-anak yang bisa digunakan sebagai tempat bermain dan belajar. 

Aktivitas favorit yang bisa dilakukan adalah memainkan peran berbagai profesi orang dewasa, seperti jadi dokter, pemadam kebakaran, pramugari, dan pilot. 

Totalnya ada sekitar 100 pekerjaan yang bisa dicoba oleh anak-anak hingga remaja. Lokasinya ada di Jalan Jenderal Sudirman Nomor Kav. 52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

Jadwal buknya dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga 19.00 WIB, setiap harinya tanpa libur.

Harga tiketnya untuk one day pass anak usia 4-16 tahun mulai dari Rp 295.000, sedangkan untuk dewasa usia 17-59 tahun dikenai biaya mulai Rp 250.000.

Sementara itu, harga half day pass tiketnya lebih murah yakni mulai dari Rp 235.000 untuk usia 4-16 tahun dan mulai dari Rp 205.000 untuk 17-59 tahun. 

Baca juga: 16 Tempat Wisata di Yogyakarta dengan Pemandangan Alam yang Indah

4. Sea World Ancol

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Berikutnya ada Sea World Ancol yang juga termasuk ke dalam taman hiburan indoor dan bisa dikunjungi oleh anak-anak maupun dewasa saat musim liburan tiba. 

Sea World Ancol punya banyak koleksi hewan, totalnya ada sekitar 7.300 ekor biota air tawar dan 11.500 ekor biota perairan laut, dikutip dari situs resminya. 

Seluruh koleksinya itu ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas sembilan akuarium perairan tawar, serta 19 akuarium dan empat kolam terbuka.

Selain bisa melihat berbagai jenis biota air laut dan tawar, ada juga pertunjukkan yang bisa disaksikan pengunjung, misalnya penyelam dengan kostum putri duyung atau ondel-ondel.

Bisa dikunjungi mulai pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB. Sementara harga tiketnya dibanderol mulai dari Rp 110.000. 

Baca juga: 8 Tempat Camping di Yogyakarta, Ada Lokasi Pinggir Waduk dan Sungai 

5. SkyWorld Indonesia

Space Shuttle di Skyworld, TMII.situs skyworldtmii Space Shuttle di Skyworld, TMII.

Buat yang suka dengan pengetahuan mengenai astronomi dan antariksa, kamu bisa datang ke Skyworld Indonesia yang ada di Jalan Taman Mini Raya, Lubang Buaya, Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Wahana yang ditawarkan juga menarik, semuanya berhubungan dengan hal-hal berhubungan dengan luar angkasa, seperti Space Exhibition, Digital Planetarium, dan Space Action Photo Boot, dikutip dari Kompas.com, Jumat (31/01/2020).

Aktivitas menarik buat anak-anak yang bisa dicoba adalah memakai baju astronot asal Indonesia dan berfoto dengan latar belakang roket. 

Baca juga: 8 Wisata Malam di Malang dan Batu yang Populer dan Instagramable

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com