Kompas.com - 03/07/2022, 22:45 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan orang tua saat pergi berwisata. Utamanya, di tengah pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya reda. 

Melansir dari Travel Awaits, seorang solo traveler berusia 74 tahun membagikan tips traveling bagi orang tua. Tips tersebut berdasarkan pengalamannya menjalani solo traveling selama 50 tahun.

Ia membagikan cara menghadapi kekhawatiran tentang tantangan fisik dan emosional yang dihadapi pelancong orang tua. Sebab, ada beberapa orang tua yang berlibur tanpa ditemani anaknya, sehingga membutuhkan sejumlah persiapan khusus. 

Baca juga: 10 Tips Traveling saat Cuaca Panas agar Tidak Tepar

1. Ikut kelompok kecil  

Merasa tidak nyaman dan cemas untuk kembali bepergian adalah hal yang wajar bagi orang tua. Utamanya, setelah dua tahun penguncian wilayah (lockdown) dan pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19. 

Berdasarkan pengalamannya melakukan solo traveling selama 50 tahun, ia mengatakan bahwa rasa cemas tersebut dapat dikurangi dengan mengikuti perjalanan dengan kelompok kecil. 

“Hal ini menghilangkan kecemasan, saat mengetahui bahwa saya dapat bergantung pada pemandu berpengalaman dan teman seperjalanan saat jauh dari rumah,” ujar solo traveler tersebut yang tidak disebutkan namanya itu, dikutip dari Travel Awaits. 

Baca juga: 7 Benda yang Harus Dibawa Saat Traveling pada Musim Hujan

2. Persiapan stamina 

Latihan fisik dapat membantu menjaga stamina yang dibutuhkan saat melakukan traveling, tidak terkecuali bagi orang tua. Ada banyak cara sederhana untuk menjaga kebugaran jasmani. 

Ilustrasi wisatawan orang tuaUnsplash/WJ Ilustrasi wisatawan orang tua

Orang tua dapat memulai persiapan stamina sebelum melakukan perjalanan dari hal yang kecil, misalnya meningkatkan jarak dan kecepatan berjalan kaki. Selain itu, orang tua bisa mengambil kelas yoga, zumba, dan lainnya. 

Baca juga: 10 Dokumen Penting yang Wajib Dibawa Saat Traveling ke Luar Negeri

3. Hindari masa puncak liburan 

Tips traveling bagi orang tua selanjutnya adalah menghindari masa puncak liburan atau peak season. Dengan menghindari peak season, maka transportasi cenderung lebih nyaman bagi orang tua. 

Selain itu, biaya transportasi maupun akomodasi umumnya lebih murah jika berlibur di luar peak season. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.