Kompas.com - 25/07/2022, 10:19 WIB

KOMPAS.com - Laporan World Population Prospects 2022 dari PBB memperkirakan, jumlah penduduk dunia tahun 2022, tepatnya pada 15 November, akan mencapai delapan miliar jiwa. 

Angka ini tentunya akan terus bertambah. PBB memprediksi akan ada 8,5 miliar jiwa pada tahun 2030, lalu 9,7 miliar jiwa pada tahun 2050, dan 10,4 miliar jiwa pada tahun 2100.

"Sebagian penambahan populasi disebabkan adanya penurunan tingkat kematian, tercermin dari meningkatkan tingkat harapan hidup saat kelahiran," bunyi keterangan dari laporan tersebut. 

Baca juga: 10 Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia 2022, Ada Indonesia?

China, negara dengan penduduk terbanyak di dunia 2022

Ilustrasi China - Pemandangan dari jembatan kaca di Gunung Tianmen, Zhangjiajie.SHUTTERSTOCK Ilustrasi China - Pemandangan dari jembatan kaca di Gunung Tianmen, Zhangjiajie.

Pada tahun 2022, Benua Asia menjadi wilayah dengan populasi manusia terbanyak. Jumlah populasi di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara mencapai 2,3 miliar jiwa, atau sekitar 29 persen dari populasi dunia.

Sementara itu, jumlah penduduk di wilayah Asia Tengah dan Asia Selatan mencapai 2,1 miliar jiwa, atau sekitar 26 persen dari populasi dunia.

China menjadi negara dengan penduduk terbanyak di dunia tahun 2022 dengan 1.426 juta jiwa atau lebih dari satu miliar jiwa. 

Di peringkat kedua ada India dengan jumlah penduduk 1.412 juta jiwa atau lebih dari satu miliar jiwa pada tahun 2022. 

Baca juga:

Kendati demikian, kira-kira mulai tahun 2030, India diprediksi akan menggeser posisi China. Pada tahun 2050, diperkirakan populasi manusia di India akan mencapai 1.668 juta jiwa, sedangkan China mencapai 1.317 juta jiwa.

Hingga tahun 2050, penambahan jumlah penduduk skala global diperkirakan akan terjadi di delapan negara, yakni Republik Demokratik Kongo, Mesir, Ethiopia, India, Nigeria, Pakistan, Filipina, dan Republik Bersatu Tanzania.

Adapun penduduk di sejumlah negara dan wilayah lainnya, antara lain Australia, Selandia Baru, Afrika Utara, dan Asia Barat, diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang lambat. 

Penambahan juga diperkirakan akan terjadi di negara-negara sub-Sahara Afrika, antara lain Angola, Botswana, Burkina Faso, dan Kamerun, hingga tahun 2100. 

Baca juga: 5 Tempat dengan Penduduk Paling Panjang Umur di Dunia, Ada Okinawa

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber UN.org


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.