Kompas.com - 29/08/2022, 16:20 WIB

KOMPAS.com - Obyek wisata alam Kabupaten Gunungkidul di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Goa Pindul, jadi salah satu yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Selama dua tahun, penutupan operasional wisata Goa Pindul dan wisata lain akhirnya memaksa para pengelola wisata untuk memutar otak dan mencari pemasukan lain demi bertahan hidup.

“Hampir dua tahun Goa Pindul mati suri ini. Selama dua tahun pandemi (Covid-19) di sini sama sekali enggak ada aktivitas,” ujar seorang pemandu wisata bernama Sugito dari Wirawisata Goa Pindul, kepada Kompas.com, Jumat (19/8/2022). 

Baca juga: Menyusuri Goa Pindul di Gunungkidul, Lihat Stalagmit dan Stalaktit Indah

Saat pengunjung obyek wisata dibatasi, Sugito dan para pemandu wisata lainnya bekerja serabutan, mulai dari menjadi kuli hingga bertani.

"Selama pandemi, saya enggak kerja di sini, (jadi kuli) bangunan atau bertani di sawah. Kalau tidak ada pengunjung, saya kerja serabutan saja," imbuh laki-laki berusia 40 tahun tersebut. 

Wisata Goa Pindul di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dok. Istimewa Wisata Goa Pindul di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Sebelumnya, kata Sugito, ia dan sejumlah pemandu wisata lainnya sehari-hari bekerja memandu wisata lokal maupun mancanegara yang ingin menyusuri Goa Pindul. 

Ia sendiri pernah menjalani profesi sebagai pedagang bakso di keraton Yogyakarta, sebelum beralih menjadi pemandu wisata Goa Pindul. Jika ditotal, sudah hampir 12 tahun ia menjadi pemandu wisata. 

“Saya balik ke kampung (Gunungkidul), mau jaga orang tua. Bapak saya sendiri di sini, saya kerja di sini kan dekat pulangnya pagi berangkat, sore bisa pulang. Kalau pas kerja di Yogya kan biasanya satu bulan sekali baru pulang, (bapak) kasian," tutur dia. 

Baca juga: Harga Paket Wisata Goa Pindul, Susur Tiga Goa Mulai Rp 150.000

Sugito kemudian bertemu bergabung dengan Wirawisata, operator wisata Gua Pindul sejak 2010, yang merupakan desa binaan Bank Central Asia (BCA). 

Menurut ceritanya, Wirawisata merupakan salah satu dari dua operator yang menjadi pelopor atau mengawali menjadi penyedia jasa layanan dan fasilitas wisata di kawasan Goa Pindul. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.