Kompas.com - 30/08/2022, 10:23 WIB

KOMPAS.com - Pesatnya perkembangan wisata bahari Indonesia, tidak hanya membawa dampak positif, tetapi turut menimbulkan dampak negatif dan sejumlah masalah terhadap ekosistem laut.

Antara lain peningkatan volume sampah, pencemaran ekosistem, hingga kerusakan terumbu karang.

Baca juga:

Alor, salah satu daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan keindahan wisata baharinya, mengalami kerusakan pada terumbu karang.

Kerusakan terjadi akibat perubahan iklim dan antropogenisitas (seperti pemanfataan sumber daya perairan yang merusak dan tidak bertanggungjawab).

Oleh karena itu, Epson Indonesia bersama Yayasan World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia berupaya memberi edukasi dalam pemanfaatan Kawasan Konservasi Daerah Kabupaten Alor untuk turut serta melindungi ekosistem terumbu karang.

Adapun program rehabilitasi terumbu karang ini dilakukan dengan metode rockpile pada terumbu karang yang mengalami kerusakan.

Kegiatan konservasi bersama Epson dan WWF Indonesia

Berikut ini adalah rangkaian kegiatan konservasi laut bersana Epson dan Yayasan WWF Indonesia:

Webinar Disko Asik "Responsible Marine Tourism"

Pada 1 Juli 2022, Epson Indonesia dan Yayasan WWF Indonesia menjalankan rangkaian pertama dengan mengadakan Webinar Disko Asik (Diskusi Asik Konservasi Alam Sekitar Kita).

Gapura masuk ke Pulau Kangge, Kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur.KOMPAS.com/Wasti Samaria Simangunsong Gapura masuk ke Pulau Kangge, Kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur.

Tema diskusi adalah "Responsible Marine Tourism" atau wujudkan wisata bahari yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan.

Kegiatan ini berlangsung secara virtual dan dihadiri oleh karyawan Epson Indonesia serta masyarakat umum sebanyak 220 orang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.