Kompas.com - 02/09/2022, 10:05 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com – Bicara tentang traveling ke Singapura, biasanya wisata mainstream, seperti Patung Merlion, Orchard Road, Universal Studios Singapore, Marina Bay Sands, dan Garden by The Bay langsung masuk ke dalam daftar.

Buat kamu yang bosan dengan wisata mainstream dan ingin opsi destinasi yang bisa menawarkan inspirasi dan wawasan baru, Kompas.com punya rekomendasi berdasarkan perjalanan ke Negara Singa itu pada awal Agustus 2022.

Lima tempat ini patut kamu coba karena menawarkan perspektif baru, inspirasi segar, dan pengetahuan tentang Singapura dan warganya. Sebagian besar adalah social enterprise.

Nah, apa sajakah destinasi itu?

1. Green Roof di Keppel Marina East Desalination Plant

Pasti sudah tahu kan bahwa Singapura terkenal dengan air bersih dari keran yang bisa langsung diminum? Negara ini sangat serius dalam pengelolaan dan konservasi air.

Tak heran Singapura memiliki beberapa kilang desalinasi air, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta. Salah satunya, Keppel Marina East Desalination Plant.

Green Roof di kilang desalinasi air Keppel Marina East Desalination Plant Singapura dibuka untuk publik. Area ini bisa digunakan untuk rekreasi, berjalan kaki, jogging atau bersepeda.Keppel Marina East Desalination Plant Singapore Green Roof di kilang desalinasi air Keppel Marina East Desalination Plant Singapura dibuka untuk publik. Area ini bisa digunakan untuk rekreasi, berjalan kaki, jogging atau bersepeda.

Ternyata, publik bisa berkunjung ke kawasan pabrik desalinasi air ini untuk rekreasi. Tentu saja, pengunjung tidak boleh sembarangan masuk ke area pabrik pengolahan yang berlokasi di bawah tanah karena tergolong infrastruktur vital.

Namun, pengunjung bisa mengakses area atapnya yang dikenal dengan nama Green Roof untuk berekreasi.

Seperti namanya, area ini merupakan taman rumput hijau yang dilengkapi tempat berteduh, kolam-kolam estetik, serta tanaman dan bunga yang dilengkapi papan informasi tentangnya.

Baca juga: Syarat Masuk Singapura Mulai 29 Agustus, dari Masker hingga Karantina

Ada pula papan informasi mengenai desain inovatif yang super keren dari kilang desalinasi ini dan bagaimana bangunan ini terintegrasi dengan sistem pengelolaan air hujan yang berkelanjutan.

Istimewanya, spot ini memberikan kesempatan terbaik untuk menikmati pemandangan kota dan bangunan ikonik khas Singapura.

Dari sini, pengunjung bisa berfoto sekaligus dengan latar belakang Marina Bay Sands dan Singapore Flyer dalam satu frame.

Green Roof di kilang desalinasi air Keppel Marina East Desalination Plant Singapura dibuka untuk publik. Area ini bisa digunakan untuk rekreasi, berjalan kaki, jogging atau bersepeda.
Keppel Marina East Desalination Plant Singapore Green Roof di kilang desalinasi air Keppel Marina East Desalination Plant Singapura dibuka untuk publik. Area ini bisa digunakan untuk rekreasi, berjalan kaki, jogging atau bersepeda.

Green Roof menjadi salah satu tempat terbaik untuk jalan pagi, jogging, foto-foto, hingga melakukan meditasi. Jangan lupa bawa pakai sunblock atau pakai payung jika datang saat cuaca panas.

Tak ada makanan dan minuman yang dijual di tempat ini. Pengunjung boleh bawa makanan ringan, tetapi tidak boleh sampai pesan katering atau malah barbekyu di sini karena dilarang.

Untuk air minum, tak perlu repot membawanya karena pengelola menyediakan air bersih yang bisa diminum langsung melalui keran di area ini secara cuma-cuma.

Baca juga: Singapura Longgarkan Aturan Masker Mulai 29 Agustus 2022

Sebelum datang, ada baiknya membaca informasi terlebih dahulu hal-hal yang diperbolehkan dan dilarang dilakukan di dalam area Green Roof.

Contohnya, bersepeda hanya diperbolehkan digunakan di promenade atau jalur pedestrian dan tersedia pula tempat parkir sepeda di jalur yang sama.

Yang pasti, merokok dan buang sampah sembarangan dilarang keras dengan denda hingga ribuan dollar Singapura bagi pelanggarnya.

Jam buka tutup : 08.00-21.00
Tiket masuk : Gratis
Alamat : 1 Marina East Drive, S029996
Stasiun MRT terdekat : Mountbatten MRT

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.