Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Transplantasi rambut di negara Turki atau Turkiye kian diminati setelah sejumlah figur publik Tanah Air, seperti Kevin Aprilio, Anang Hermansyah, hingga Atta Halilintar melakukan prosedur tanam rambut di sana beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Turkiye bukan satu-satunya negara yang menawarkan prosedur tanam rambut di dunia. Negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, India, hingga Indonesia sendiri juga memiliki program ini.

Baca juga:

Lantas, mengapa orang jauh-jauh ke Turkiye untuk transplantasi rambut?

Harga dan kualitas tanam rambut di Turkiye

Menurut Andrie Husein, direktur salah satu penyedia paket Hair Transplant Tour di Turkiye, PT Jestrada Padi Internasional, ada dua alasan mengapa Turkiye dijadikan sebagai tujuan prosedur penanaman rambut, yaitu terkait harga dan kualitas.

"Kenapa Turkiye? Pertama, akreditasi dan kualitas dari transplantasinya diakui dunia. Kedua, balik lagi ke harga. Harga di Turkiye itu all in sampai dengan 5.000 helai rambut," katanya kepada Kompas.com saat Kompas Travel Fair (KTF) 2022, Jakarta Pusat, Sabtu (10/9/2022).

Metode transplantasi rambut DHI saat konferensi pers Farmanina Aesthetic & Hair Clinic, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa 24/5/2022). KOMPAS.COM/DINNO BASKORO Metode transplantasi rambut DHI saat konferensi pers Farmanina Aesthetic & Hair Clinic, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa 24/5/2022).

Lebih lanjut, Andrie menjelaskan bahwa untuk prosedur tanam rambut di Indonesia per helainya bisa dipatok hingga Rp 60.000 dengan minimal 1.000 helai per satu kali prosedur.

"Di Indonesia dihitungnya per 1.000 helai rambut, dan (harga) per helainya lumayan. Data yang masuk ke kami itu bisa sampai Rp 60.000 per tanam rambut, jadi kurang lebih kalau 1.000 saja sudah Rp 60 juta," terang Andrie.

Adapun harga untuk tanam rambut di dua klinik transplantasi rambut ternama di Turkiye, seperti Sule Hair Transplant Clinic, dan Now Hair Time Clinic, satu paketnya dipublikasikan seharga 3.500 euro atau sekitar Rp 52,3 juta rupiah.

Baca juga: Wisata Medis ke Turkiye Tidak Perlu Visa

Sedangkan bila mengikuti paket tanam rambut sekaligus jalan-jalan ke Turkiye yang ditawarkan agen perjalanan, secara hitungan, pasien bisa berhemat hingga jutaan rupiah.

Lebih hemat tentunya karena kerja sama yang terjalin antara agen perjalanan dengan berbagai pihak lainnya, termasuk klinik tersebut.

"Seperti paket yang kami tawarkan itu 3.650 dollar AS atau sekitar Rp 54 juta, sudah termasuk hotel, tiket pesawat, sampai pemantauan rambut pasca-kepulangan dan segala urusan lainnya," ujar Andrie.

Kemudian terkait kualitas, kata Andrie, Turkiye juga menawarkan jaminan tumbuh setelah transplantasi rambut hingga 98 persen.

Adapun rambut hasil transplantasi ini diperkirakan benar-benar tumbuh membutuhkan waktu sekitar 18 bulan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+