Kompas.com - 22/09/2022, 10:13 WIB

KOMPAS.com - Singgah di berbagai tempat wisata Surabaya bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu liburan.

Selain mudah diakses menggunakan berbagai jenis moda transportasi, Kota Pahlawan juga memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dijelajahi sesuai preferensi masing-masing.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Dekat Stasiun Gubeng Surabaya

Jika mencari wisata alam, ada beberapa tempat yang bisa kamu datangi, seperti taman, hutan mangrove, hingga pantai. Berikut beberapa destinasi wisata alam di Surabaya yang dapat kamu singgahi di tengah waktu liburan.

Pilihan tempat wisata alam di Surabaya

1. Pantai Kenjeran

Perahu nelayan sedang bersandar di tepi Pantai Kenjeran, salah satu destinasi alam Surabaya.KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMANGUNSONG Perahu nelayan sedang bersandar di tepi Pantai Kenjeran, salah satu destinasi alam Surabaya.

Pantai Kenjeran atau Pantai Ria Kenjeran yang berlokasi di Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak, Surabaya ini sangat cocok dijadikan tempat nongkrong sembari melihat aktivitas para nelayan tradisional yang sibuk menjemur hasil tangkapannya.

Usai puas menikmati suasana pantai, kamu bisa bergeser ke lantai dua Sentra Ikan Bulak, persis di seberang taman. Di tempat ini, ada banyak tempat makan yang menyajikan olahan hasil laut segar, di antaranya udang crispy, sate kerang, cumi asam manis, gulai kepala kakap, dan kotokan ikan asap.

Baca juga: 15 Wisata Anak Surabaya, Cocok untuk Libur Sekolah 

Sebelum pulang, kamu bisa membeli oleh-oleh aneka kerupuk olahan hasil laut yang ada di lantai dasar Sentra Ikan Bulak, seperti kerupuk teripang yang garing serupa kerupuk rambak.

"Teripangnya dibersihkan isinya sama pasirnya pakai alat keruk, terus dikeringkan, digoreng pakai pasir, digoreng lagi pakai minyak," jelas pedagang oleh-oleh Alfarizi Surabaya, Laily, kepada Kompas.com, Rabu, (4/5/2022).

2. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih, salah satu destinasi alam Surabaya.Situs Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya Hutan Bambu Keputih, salah satu destinasi alam Surabaya.

Hutan Bambu Keputih berlokasi di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya.

Jika mampir ke sini, kamu bisa mengajak keluarga tercinta menikmati suasana hijau dan sejuk di bawah batang-batang bambu yang menjuntai.

Baca juga: 6 Wisata Malam di Surabaya, Pas untuk Anak-anak dan Dewasa

Lokasi ini juga cantik untuk menjadi tempat berfoto dengan latar belakang deretan pohon bambu yang rapi. Semula, lokasi ini hanyalah tempat pembuangan sampah akhir (TPA), namun diubah sedemikian rupa menjadi hutan bambu yang memiliki daya tarik wisata.

Hutan Bambu keputih berada satu lokasi dengan Taman Harmoni dan Taman Ruang Publik di area seluas 40 hektar.

3. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya, salah satu destinasi wisata alam Surabaya. Dok. https://bappeko.surabaya.go.id Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya, salah satu destinasi wisata alam Surabaya.

Hutan Mangrove Wonorejo terletak di Jalan Raya Wonorejo nomor 1, Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya.

Kawasan ini merupakan area rekreasi sekaligus edukasi yang cocok untuk dikunjungi bareng keluarga ataupun kerabat.

Baca juga: Asal-usul Kota Surabaya, Ada Versi Cerita Pertarungan Sura dan Baya

Hutan Mangrove Wonorejo dilengkapi dengan jembatan kayu yang dapat dilintasi pengunjung untuk mengelilingi kawasan hutan.

Selain berkeliling di atas jembatan, pengunjung juga bisa menjajal jogging track, berfoto-foto, hingga mencoba wisata air berkeliling kawasan mangrove dengan menggunakan perahu.

Sembari menikmati suasana dan keasrian mangrove, pengunjung dapat menyantap makanan di restoran dan berbelanja oleh-oleh di toko souvenir.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.